cpu-data.info

Laptop Acer Swift 14 AI dengan Snapdragon X Segera Masuk Indonesia

Laptop Acer Swift 14 AI dengan prosesor Qualcomm Snapdragon X
Lihat Foto

JAKARTA, - Bersamaan dengan pengumuman Copilot Plus PC dari Microsoft pada Mei lalu, sejumlah pabrikan turut memperkenalkan jajaran produk yang termasuk dalam kategori baru laptop bertenaga AI tersebut.

Salah satunya adalah Acer dengan laptop bernama Swift 14 AI. Berbeda dengan laptop lain dari Acer yang juga bernama "Swift 14", Swift 14 AI ditenagai prosesor ARM dari Qualcomm, yakni Snapdragon X Elite (12 core) atau Snapdragon X Plus (10 core).

Setelah sempat dipamerkan di ajang Computex 2024 beberapa waktu lalu, kini Acer memastikan bahwa Swift 14 AI akan segera dipasarkan di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh President Director PT Acer Indonesia Leny Ng.

Leny mengatakan bahwa Swift 14 AI dengan chip Snapdragon X rencananya akan masuk Indonesia dalam periode masa promosi Acer yang berlangsung mulai 2 Agustus-30 September 2024 tersebut.

Baca juga: Duo Monitor Pintar Acer Dibekali Google TV, Bisa Streaming Konten

"Hopefully dalam periode Acer Day ini kita bisa meluncurkan (Acer Swift 14 AI dengan chip Snapdragon X)," ujar Leny ketika ditemui KompasTekno di sela acara Acer AI Day 2024 di Jakarta, Jumat (2/8/2024).

Menurut Leny, pasaran laptop dengan chip Snapdragon X sebenarnya masih belum terlihat karena produk tersebut juga masih sangat anyar.

President Director PT Acer Indonesia Leny Ng ketika berbicara dalam acara Acer Day 2024 di Jakarta, Jumat (2/8/2024)/ OIK YUSUF President Director PT Acer Indonesia Leny Ng ketika berbicara dalam acara Acer Day 2024 di Jakarta, Jumat (2/8/2024)
Namun, lanjut dia, pihaknya menangkap ada kecenderungan tren market ke arah laptop dengan chip Snapdragon. Karena itulah Acer memutuskan untuk menghadirkan Swift 14 AI di Indonesia.

"Kalau kita lihat laptop dengan prosesor lain, misalnya, mereka mulai dari starting small juga. Tapi pasarnya meningkat," ujar Leny.

Dia mengaku belum bisa mengungkapkan banderol harga laptop ini nantinya ataupun tanggal penjualan persisnya. Belum diketahui pula apakah nanti akan tersedia versi Snapdragon X Elite dan Plus atau hanya salah satu.

Baca juga: Bukan Hanya Laptop, Acer Juga Punya Produk Perabot Rumah Pintar

Sebagai gambaran, di pasar internasional Acer Swift AI dengan chip Snapdragon X dijual dengan harga mulai 1.099 dollar AS atau sekitar Rp 17,8 juta.

Acer sebenarnya sudah memiliki produk laptop dengan nama sama di Indonesia (Swift 14 AI), tapi prosesornya menggunakan seri Core Ultra dari Intel yang berbasis arsitektur x86. Harganya dipatok di kisaran Rp 28 juta.

Chip Snapdragon X sendiri berbasis ARM sehingga menjalankan Windows versi khusus yang didesain untuk arsitektur tersebut. Aplikasi-aplikasinya bisa menggunakan yang berbasis x86 lewat emulator (Microsoft Prism).

Leny mengatakan fitur-fitur AI yang tersedia di laptop berbasis prosesor Intel atau AMD nantinya juga akan hadir di laptop buatannya yang menggunakan Snapdragon X. "Kami kembangkan secara pararel, berbarengan untuk kedua platform," tandasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat