cpu-data.info

Google Rilis "School Time" untuk HP dan Tablet Android, Bisa Awasi Anak Main HP

Fitur School Time bikinan Google bertujuan untuk membantu orang tua membatasi distraksi dan notifikasi di ponsel anaknya. Orang tua juga bisa menentukan kontak yang bisa menelepon atau mengirim pesan SMS.
Lihat Foto

- Raksasa teknologi Google mengumumkan fitur baru untuk mengawasi anak main HP. Fitur tersebut bernama School Time dan akan hadir smartphone, tablet Android, serta arloji pintar (smartwatch) Samsung Galaxy Watch pada 2025 mendatang.

Sebelumnya, fitur ini dirilis di Fitbit Ace LTE, yakni smartwatch keluaran Mei 2024 yang dirancang untuk anak-anak berusia tujuh tahun ke atas. Kehadiran fitur ini di perangkat Android dan smartwatch Samsung diumumkan di blog resmi Google.

"Hari ini, kami mengumumkan pengaturan baru untuk ponsel Android dan perangkat lain, yang memungkinkan orang tua menggunakan fitur School Time," tulis Mindy Brooks selaku General Manager, Kids and Families di Google.

School Time adalah fitur yang memungkinkan orang tua membatasi fungsi pada gawai yang dipegang anaknya, selama waktu yang ditentukan.

Baca juga: Google Rilis Fitbit Ace LTE, Smartwatch Khusus Anak

Mekanismenya, orang tua akan menggunakan aplikasi Google Family Link, yang bisa diunduh secara gratis di toko aplikasi Google Play Store dan Apple App Store.

Pengaturan untuk School Time nantinya dikelola lewat aplikasi tersebut. Baik orang tua maupun anak harus memiliki akun Google.

Setelah diaktifkan, ponsel atau smartwatch anak akan memiliki layar beranda (home screen) khusus berisi aplikasi yang diizinkan oleh orang tuanya.

Home screen ini akan memiliki notifikasi yang dibatasi untuk meminimalisasi distraksi. Selain itu, orang tua bisa mengizinkan panggilan telepon atau pengiriman pesan SMS dari kontak tertentu.

Hal ini memungkinkan anak untuk bisa fokus ketika sedang di sekolah, dengan tidak menutup kemungkinan untuk menelepon orang tuanya dalam kondisi darurat.

Fitur School TimeGoogle Fitur School Time
Meski nama fiturnya adalah School Time, fitur ini juga bisa digunakan di luar sekolah untuk kondisi apa pun. Aplikasi Family Link juga sejatinya juga bisa digunakan untuk memantau aktivitas digital orang dari semua rentang usia.

Untuk anak-anak dan remaja yang tidak diawasi orang tuanya lewat Family Link, bisa menggunakan Focus Mode di perangkat Android, yang bertujuan membatasi notifikasi dan distraksi lainnya.

Fitur ini bisa diaktifkan lewat menu "Settings" dan "Digital Wellbeing & parental controls" di ponsel Android.

Google belum memastikan ponsel, tablet Android, serta smartwatch Samsung apa saja yang kebagian fitur School Time, sebagaimana dikutip KompasTekno dari blog resmi Google, Jumat (2/8/2024).

Baca juga: Samsung Galaxy Tab A9 Kids Edition Meluncur, Tablet Murah untuk Anak-anak

Fitur pengawasan di YouTube

Selain School Time, Google akan meluncurkan fitur pengawasan di platform berbagi video YouTube, mulai musim panas ini (sekitar Agustus hingga September 2024).

Fitur pengawasan ini memungkinkan orang tua untuk menghubungkan (link) akun YouTube miliknya dengan akun anak. Ketika dihubungkan, orang tua bisa melihat aktivitas anaknya tersebut di YouTube.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat