cpu-data.info

Oppo Ingin Hadirkan Smartphone AI untuk Semua Segmen Harga

Oppo Reno 12 dengan kotak penjualannya yang kini memiliki label Oppo AI Phone
Lihat Foto

 

- Oppo Reno 12 Series 5G merupakan ponsel pertama Reno Series yang dilabeli "Oppo AI Phone". Artinya, ponsel ini sudah dibekali dengan berbagai fitur kecerdasan buatan/artificial intelligence (AI) canggih yang berbeda dari ponsel kebanyakan.

Lebih tepatnya, Oppo Reno 12 Series 5G dibekali teknologi kecerdasan buatan generatif (Generative AI).

Generative AI merupakan teknologi kecerdasan buatan/artificial intelligence (AI) yang bisa menciptakan konten baru, baik teks, gambar, atau video berdasarkan input atau perintah pengguna.

Baca juga: Oppo Reno 12 5G dan Reno 12 Pro 5G Resmi di Indonesia, Ini Harganya

Ke depannya, Oppo berencana menghadirkan smartphone AI, dalam hal ini yang memiliki fitur Generative AI, untuk memenuhi kebutuhan pengguna di semua segmen pasar ponsel, mulai dari yang dibanderol mahal hingga murah.

"Adanya Oppo Reno 12 Series 5G ini bukan berarti Oppo ingin fitur Generative AI bisa dinikmati di ponsel kelas atas Oppo saja, melainkan merupakan komitmen awal Oppo menghadirkan fitur AI mumpuni yang bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat," jelas Head of Public Relations Oppo Indonesia, Arga Bima di sela peluncuran Oppo Reno 12 Series 5G di Indonesia pada Rabu (31/7/2024) lalu.

"Dengan kata lain, di masa depan, kami ingin fitur Generative AI ini hadir di semua ponsel Oppo, baik itu di segmen ponsel kelas atas (flagship), menengah (mid-range), hingga bawah (entry-level)," imbuh Arga.

Untuk saat ini, smartphone AI Oppo baru mengisi segmen kelas menengah ke atas, yakni Oppo Reno 12 Series 5G. Di Indonesia, ponsel tersebut tersedia dalam dua model, yaitu Reno 12 5G dan Reno 12 Pro 5G.

Kedua ponsel Generative AI ini dijual dengan harga Rp 7 juta (12 GB/256 GB) dan Rp 8 juta (12 GB/512 GB) untuk Reno 12 5G, dan Rp 9 juta untuk Reno 12 Pro 5G (12 GB/512 GB). 

Dengan harga tersebut, Arga mengatakan Reno 12 Series 5G menyasar pasar ponsel kelas menengah ke atas alias pasar ponsel premium, dengan target para pekerja di kota.

"Oppo Reno 12 Series 5G ini menyasar pengguna white collar alias mereka yang biasa bekerja kantoran. Sebab, ponsel ini bisa mengatasi segala masalah dan kecemasan yang ada di kantor dengan fitur Generative AI," ujar Arga di sela peluncuran Oppo Reno 12 Series 5G di Indonesia pada Rabu (31/7/2024) lalu.

Baca juga: Ketika Oppo Reno 12 Series 5G Dipakai Getok Paku 4.000 Kali

Kendati demikian, Arga tak merinci lebih lanjut ponsel Oppo apa saja yang nantinya akan dibekali dengan fitur Generative AI, atau akan dikategorikan sebagai Oppo AI Phone di Indonesia. Ia juga tak menyebut kapan hal itu akan terwujud.

Namun, ada kemungkinan perangkat tersebut nantinya akan memiliki sejumlah fitur AI yang sudah ada di Oppo Reno 12 Series 5G macam AI Eraser 2.0, AI Clear Face, AI Best Face, AI Studio, AI Toolbox, dan masih banyak lagi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat