cpu-data.info

Asus Perkenalkan Monitor Gaming 32 Inci ROG Swift OLED PG32UCDP

Monitor Asus ROG Swift OLED PG32UCDP
Lihat Foto

- Asus pekan ini memperkenalkan monitor gaming baru bernama ROG Swift OLED PG32UCDP yang memiliki panel OLED berdiagonal 32 inci.

Seperti monitor-monitor OLED lain pada umumnya, ROG Swift OLED PG32UCDP memiliki resolusi maksimal 3.840 x 2.160 piksel (4K) dan refresh rate hingga 240 Hz, berikut response time sangat singkat di angka 0,03 ms (GtG).

Bedanya, monitor ini memiliki fitur "dual mode" yang membuatnya bisa mengubah resolusi native dan refresh rate menjadi (1.920 x 1.080 piksel (1080p) 480 Hz.

Penggunanya pun dapat memilih tampilan ideal untuk memainkan game AAA (4K) atau game kompetitif (1080p) dengan refresh rate tinggi.

Baca juga: Monitor Lama Dioprek, Refresh Rate Dibuat Tembus 700 Hz

Bagian belakang monitor Asus ROG Swift OLED PG32UCDP Asus Bagian belakang monitor Asus ROG Swift OLED PG32UCDP
Penggantian resolusi dan refresh rate maksimal itu dilakukan dengan menekan hotkey. Adapun dukungan adaptive sync yang disediakan adalah G-Sync Compatible dan FreeSync Premium Pro.

ROG Swift OLED PG32UCDP dibekali rangkaian Micro Lens Array (MLA+) yang diklaim meningkatkan tingkat kecerahan gambar sebesar 15 persen dibanding monitor-monitor lain di kelasnya.

Panel OLED monitor ini dikalibrasi dari pabrik untuk menghasilkan akurasi warna Delta E < 2, dengan cakupan color space DCI-P3 sebesar 99 persen, true 10-bit color, serta VESA DisplayHDR 400 True Black.

Untuk mengurangi risiko burn in, ROG Swift OLED PG32UCDP dibekali dengan custom heatsink dan jalur-jalur udara (airflow) terintegrasi.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (2/8/2024), Asus turut menambahkan serangkaian fitur gaming berbasis kecerdasan buatan yang tergabung dalam suite AI Assistant.

Baca juga: Duo Monitor Pintar Acer Dibekali Google TV, Bisa Streaming Konten

Fitur-fitur AI itu termasuk AI visual untuk mengoptimalkan tampilan monitor secara otomatis berdasarkan konten di layar, AI Crosshair untuk memperjelas crosshair, dan AI Shadow Boost untuk membuat obyek-obyek di area gelap lebih mudah dilihat.

Bagian samping monitor Asus ROG Swift OLED PG32UCDP Asus Bagian samping monitor Asus ROG Swift OLED PG32UCDP
Rangkaian konektor di ROG Swift OLED PG32UCDP terdiri dari 2x HDMI 2.1, 1x DisplayPort 1.4 dengan DSC, 3x USB 3.2 Gen 1 tipe-A, 1x USB-C dengan USB PD 90 watt, earphone jack, 1x SPDIF out, serta 1x upstream USB 3.2 tipe B.

Stand ergonomis monitor ini yang berbentuk tripod menyediakan opsi pengaturan ketinggian (0-110 mm), swivel (-15 ~ +15 derajat), dan tilt ( -5 ~ + 20 derajat), serta kompatibel dengan VESA mount.

Terdapat dua lighting LED RGB, masing-masing di belakang panel dan di bawah stand. Efek pencahayaannya kompatibel dengan Aura Sync sehingga bisa disinkronkan dengan perangkat Asus lainnya yang juga mendukung Aura Sync.

Asus memasarkan ROG Swift OLED PG32UCDP dengan banderol harga 1.299 dollar AS (Rp 21 juta). Masih belum ada keterangan soal jadwal ketersediaannya di Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat