cpu-data.info

Elon Musk Pamer Starlink di Pesawat Terbang, Kecepatan Tembus 200 Mbps

Screenshot panggilan video Elon Musk dengan eksekutif Qatar Airways menggunakan internet Starlink
Lihat Foto

- Perusahaan maskapai penerbangan, Qatar Airways, meluncurkan penerbangan perdana dengan layanan internet menggunakan Starlink di dalam pesawat, pada Selasa (22/10/2024).

Dalam sebuah penerbangan dengan pesawat Boeing 777-300 itu, CEO Qatar Airways Badr Mohammed Al-Meer menjajal Starlink dalam pesawat. Ia melakukan video call bersama CEO SpaceX, Elon Musk. 

Elon Musk sesumbar bahwa percakapan dirinya dengan bos Qatar Airways berlangsung dengan mulus berkat Starlink. Pasalnya, jaringan internet yang dia pakai selama video call juga ditunjang oleh Starlink.

"Percakapan kita sekarang dengan Starlink. Saya juga memakai Starlink di rumah sehingga terhubung ke pesawat Anda," kata Elon Musk dalam pangglan video itu, dikutip KompasTekno dari saluran YouTube Qatar Airways.

Bos Qatar Airways itu juga berjalan menunjukkan beberapa area kabin hingga memperlihatkan pilot penerbangan berikut dek pesawat ke Elon Musk.

Baca juga: Starlink Mini Dirilis, Seukuran Laptop dan Bisa Dibawa ke Mana-mana

Selama aktivitas tersebut, penggilan video terlihat lancar sebagaimana jika dilakukan di darat. 

Elon Musk lantas berjanji ia akan memberikan layanan yang lebih baik ke depannya dengan meluncurkan satelit baru, hingga meningkatkan software Starlink.

Adapun penerbangan perdana Qatar Airways dengan layanan Starlink ini lepas landas dari Doha, Qatar menuju London Heathrow pukul 08.00 pagi waktu Qatar. WiFi dari Starlink disediakan gratis dalam pesawat untuk semua penumpang di dalam kabin.

Menurut outlet media Business Insider yang ikut dalam penerbangan itu, kecepatan download Starlink dari pesawat tembus 215 Mbps.

Dengan kecepatan tinggi itu, pengguna bisa melakukan video call, streaming video, hingga bermain game online. Dukungan ini juga akan menunjang produktivitas pengguna, khususnya mereka yang memiliki mobilitas tinggi. 

Baca juga: Kontroversi Starlink: Masa Depan Internet atau Ancaman Baru bagi NKRI?

Tidak hanya untuk pesawat ini saja, Qatar Airways akan melengkapi total 12 pesawat Boeing 777-300 miliknya dengan internet Starlink pada akhir tahun 2024. Layanan yang sama akan melengkapi pesawat Qatar Airways dengan armada Airbus A350 pada tahun depan.

Qatar Airways sendiri menjadi maskapai penerbangan kedua yang dilengkapi internet Starlink, setelah Hawaiian Airlines, dihimpun KompasTekno dari MSN, Kamis (24/10/2024).

Maskapai lainnya seperti United Airlines hingga Air France juga sudah mengumumkan rencana untuk memasang Starlink di pesawat perusahaan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat