cpu-data.info

Protokol Keamanan Roblox Diperketat, Orang Tua Makin Bisa Awasi Anak

Roblox
Lihat Foto

- Platform game Roblox mengumumkan protokol keamanan baru, yang membatasi konten apa saja yang bisa diakses anak-anak. Protokol ini juga memberi orang tua kontrol lebih besar atas aktivitas anaknya di Roblox.

Dengan demikian, orang tua akan lebih tenang dan semakin lebih bisa mengawasi anak mereka saat mengakses Roblox.

Protokol keamanan untuk game PC, mobile, dan konsol ini dipastikan akan diluncurkan pada November 2024 mendatang.

Keputusan ini diambil setelah adanya tuduhan terus-menerus terkait kegagalan perusahaan Roblox Corporation dalam melindungi basis pemainnya, yang sebagian besar masih muda, dari konten tidak pantas.

Baca juga: Setelah Instagram, Giliran Game Roblox Diblokir di Turkiye

Ada juga laporan yang mendeskripsikan Roblox sebagai "tempat pedofilia yang tidak senonoh", yang memperlihatkan anak-anak pada "perlakuan kasar, pornografi, konten kekerasan, dan ujaran yang sangat kasar".

Menurut e-mail yang dibagikan Roblox Corporation ke orang tua anak yang bermain Roblox, platform game ini akan memperkenalkan akun Roblox dengan hak istimewa orang tua.

Setelah menautkan akun ini dengan akun milik anak, orang tua dapat melihat dan memperbarui kontrol orang tua (parental controls) untuk anaknya, langsung dari perangkatnya sendiri.

Adapun kontrol orang tua merupakan fitur yang sudah hadir di Roblox. Fitur ini memungkinkan orang tua untuk memilih konten atau game yang bisa diakses oleh anaknya, menonaktifkan fitur obrolan (chat), dan lain seterusnya.

Dengan akun baru ini, orang tua juga bisa melihat penggunaan Roblox oleh anaknya, seperti waktu layar harian (screentime) mereka dan teman-teman mereka di platform tersebut.

Roblox Corporation menjelaskan bahwa hal ini dilakukan sebagai bagian dari komitmennya untuk membuat platform-nya, sebagai salah satu lingkungan online yang paling aman untuk pengguna, terutama yang berusia muda.

Selain itu, konten atau game di Roblox kini bakal diberi label berdasarkan jenis konten, bukan usia. Dengan begitu, orang tua bisa mengakses menu "Content Maturity Settings" untuk membatasi label konten yang tidak boleh diakses anak.

Anak di bawah usia 13 tahun kini mesti meminta izin orang tua jika ingin mengakses fitur tertentu di ruang obrolan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Kamis (24/10/2024).

Baca juga: IKEA Rekrut Gamer Roblox untuk Jualan Bakso di Toko Virtualnya

Lalu, anak di bawah usia 9 tahun harus mendapatkan izin orang tua, apabila ingin mengakses permainan dengan peringkat konten "Moderate".

Konten ini merujuk pada berbagai macam permainan yang mengandung kekerasan sedang dan humor yang cukup kasar.

"Sejak hari pertama, Roblox telah berkomitmen untuk membangun fitur dan alat keselamatan ke dalam desain produk kami," tulis Roblox dalam e-mail yang dibagikan kepada orang tua.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat