cpu-data.info

6 Tablet dan HP Xiaomi Lawas yang Tidak Akan Lagi Dapat Update

Xiaomi Poco F3
Lihat Foto

- Xiaomi memperbarui daftar perangkat lawas yang tidak akan menerima pembaruan (update) software lagi. Daftar ini mencakup smartphone dan tablet dari merek Xiaomi hingga sub-mereknya, Redmi dan Poco.

Per Selasa (26/8/2024) Xiaomi menambahkan setidaknya enam model perangkat lawas ke daftar yang disebut End of Life (EOL). Beberapa di antaranya yaitu Xiaomi Mix 4, Poco F3 hingga Redmi K40.

Ketiga smartphone itu dirilis sekitar tahun 2021, sehingga sudah mendapat dukungan update selama kurang lebih tiga tahun.

Baca juga: Xiaomi Rilis TWS OpenWear Stereo dan Smart Band 9 di Indonesia, Ini Harganya

Ke depannya, ketiga smartphone itu tidak akan lagi kebagian update software Android, antarmuka (user interface/UI) MiUI/HyperOS, maupun patch keamanan, karena dukungannya sudah disetop.

Selain ketiga smartphone tersebut, ada pula tablet yang masuk daftar EOL Agustus 2024 ini. Berikut rinciannya.

  1. Xiaomi Mix 4
  2. Xiaomi Pad 5 Pro 5G
  3. Xiaomi Pad 5 Pro (WiFi only)
  4. Poco F3 GT
  5. Poco F3
  6. Redmi K40

Pengguna perangkat dalam daftar di atas tidak akan mendapat fitur baru yang mungkin dirilis Xiaomi di waktu mendatang. Antarmukanya juga akan mentok di versi MiUI 14 tanpa update lebih lanjut.

Xiaomi boleh jadi masih menggulirkan update untuk daftar perangkat di atas pada waktu mendatang. Akan tetapi, update-nya hanya pembaruan kecil alias minor untuk menambal bug dan lain sebagainya demi menjaga fungsionalitas perangkat.

Salah satu perangkat lawas yang masuk daftar di atas adalag Poco F3. Ponsel ini rilis di Indonesia pada April 2021. Karena masuk dalam daftar EOL, maka pengguna ponsel ini di Indonesia juga tidak akan dapat pembaruan lebih lanjut.

Baca juga: Smartwatch Xiaomi Redmi Watch 5 Active Resmi, Baterai Tahan hingga 18 Hari

Poco F3.Poco Poco F3.

Praktik penghentian dukungan update sebenarnya cukup lazim terjadi di industri gadget. Pasalnya, seiring bertambah canggihnya teknologi, diperlukan perangkat yang memadai. Sementara, perangkat-perangkat lawas terkadang tidak lagi mumpuni untuk menunjang fitur baru.

Adapun Xiaomi biasanya memberikan dukungan update sekitar 2-3 tahun untuk aneka gadget bikinannya, dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Minggu (1/9/2024).

Mengingat Xiaomi rutin meluncurkan smartphone maupun tablet setiap tahunnya, maka daftar EOL juga akan bertambah seiring waktu. Rincian daftar perangkat lawas Xiaomi yang tidak lagi dapat dukungan update bisa Anda lihat pada tautan berikut ini.

Praktik ini sekaligus mendorong pengguna untuk melakukan upgrade ke perangkat yang lebih baru, sehingga mendapat dukungan pembaruan dan bisa menikmati aneka fitur anyar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat