cpu-data.info

Pengguna Apple Music Bisa Transfer Playlist ke YouTube Music, Ini Syaratnya

Ilustrasi aplikasi streaming musik Apple Music (kiri) dan YouTube Music (kanan).
Lihat Foto

- Aplikasi streaming musik Apple Music kini menyediakan fitur transfer daftar putar (playlist) ke YouTube Music baru-baru ini.

Ini pertama kalinya Apple menyediakan dukungan semacam ini untuk aplikasi musik pesaingnya. Seperti diketahui, YouTube Music merupakan aplikasi streaming musik yang dikembangkan oleh YouTube, anak perusahaan Google.

Playlist musik merupakan suatu hal yang unik, karena biasanya berisi lagu dengan susunan spesifik dari satu musisi (atau lebih). Playlist musik ini bisanya menggambarkan suasana hati pembuatnya, merepresentasikan suatu era tertentu, atau dibuat untuk aktivitas tertentu (travelling, olahraga, dll).

Baca juga: Apple Music Beri Langganan Gratis 3 Bulan, Ini Syaratnya

Inilah yang membuat playlist musik tiap orang unik dan personal. Dengan fitur transfer, pengguna bisa menyalin playlist di Apple Music ke YouTube Music secara praktis. Jadi, pengguna tidak perlu repot menyusun ulang playlist engan mencari dan menambahkan lagu satu per satu ke daftar putar.

Fitur transfer playlist ini bakal berguna bagi pengguna yang menggunakan ekosistem Apple dan Android secara bersamaan. Atau, bagi pengguna Apple yang benar-benar hijrah ke ekosistem Android. Atau, berguna bagi pengguna Apple yang lebih menyukai aplikasi YouTube Music, ketimbang Apple Music.

Cara transfer playlist Apple Music ke YouTube Music

Aplikasi streaming musik Apple Music kini menyediakan fitur transfer daftar putar (playlist) ke YouTube Music. Ini pertama kalinya Apple menyediakan dukungan semacam ini untuk aplikasi musik pesaingnya.YouTube/ Simple Alpaca Aplikasi streaming musik Apple Music kini menyediakan fitur transfer daftar putar (playlist) ke YouTube Music. Ini pertama kalinya Apple menyediakan dukungan semacam ini untuk aplikasi musik pesaingnya.
Menurut laman Apple Support, ada dua syarat agar pengguna bisa memigrasikan atau transfer playlist Apple Music ke YouTube Music, sebagai berikut:

  • Pengguna memerlukan langganan Apple Music atau iTunes Match yang aktif
  • Pengguna memerlukan akun YouTube Music yang aktif

Setelah itu, pengguna bisa mengikuti langkah berikut untuk transfer playlist:

  • Buka halaman Data dan Privasi Apple, lalu masuk ke akun ID Apple Anda.
  • Pilih “Transfer salinan data Anda".
  • Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan permintaan transfer Anda.
  • Untuk memulai transfer, Anda harus masuk ke akun YouTube Music Anda.
  • Saat Anda memulai transfer, Apple mengirimkan pemberitahuan e-mail ke alamat e-mail yang terkait dengan akun ID Apple Anda. Anda dapat memeriksa status atau membatalkan transfer di halaman Data dan Privasi Apple.
  • Saat transfer selesai, Anda menerima e-mail konfirmasi dari Apple bahwa transfer telah selesai.
  • Daftar putar Anda muncul di tab "Perpustakaan/Library" di YouTube Music.

Baca juga: YouTube Music Bisa Cari Lagu dengan Bersenandung, Begini Caranya

Jika ada lagu yang hilang dari daftar putar, maka lagu tersebut mungkin tidak tersedia di YouTube Music. Selain itu, jika pengguna memperbarui playlist Apple Music setelah ditransfer, maka playlist di YouTube Music tidak akan ikut diperbarui.

Kemudian, jika membatalkan transfer, daftar putar yang telah ditransfer tetap ada di YouTube Music. Pengguna harus menghapus playlist secara mandiri di YouTube Music.

Di laman Apple Support, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (30/8/2024), Apple merinci bahwa playlist Apple Music yang bisa ditransfer ke YouTube Music adalah daftar putar yang dibuat sendiri (termasuk playlist kolaboratif) oleh pengguna.

Selain itu, hanya lagu yang tersedia di YouTube Music yang akan ditransfer. Artinya, jika playlist Apple Music pengguna berisi file audio lain (seperti podcast, buku audio, atau file audio yang diunggah pengguna), maka file audio tersebut tidak akan ditransfer.

Sementara itu, playlist bersama non-kolaboratif, daftar putar yang dikurasi, serta folder tempat pengguna mengatur playlist Apple Music tidak akan ditransfer.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat