cpu-data.info

4 Cara Mengirim Pesan WhatsApp ke Banyak Nomor Sekaligus, Mudah dan Cepat

Cara mengirim pesan WA ke banyak nomor.
Lihat Foto

- Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa panduan dasar dalam mengoperasikan WhatsApp atau biasa disingkat WA, yang dapat mempermudah interaksi. Salah satunya seperti cara mengirim pesan WA ke banyak nomor.

Cara kirim WhatsApp ke banyak nomor itu bakal berguna bagi pengguna. Dalam kondisi tertentu, pengguna mungkin ingin membagikan satu pesan ke beberapa orang atau kontak yang saling berhubungan, di WhatsApp.

Baca juga: 5 Cara Membuat Tulisan Berwarna di WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan, Mudah

Jika pesan itu dibuat dengan mengetik dan mengirimnya satu per satu, pengguna mungkin bakal kerepotan. Agar lebih efisien, pengguna sejatinya bisa mengirim pesan WA ke banyak nomor secara bersamaan.

Dengan dikirim secara bersamaan, interaksi bakal lebih mudah. Lantaran bakal berguna, pengguna perlu untuk mengetahui cara mengirim pesan WA ke banyak nomor sekaligus. Lantas, bagaimana cara mengirim pesan WA ke banyak nomor?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara mengirim pesan WA ke banyak nomor dengan mudah dan cepat.

Cara mengirim pesan WA ke banyak nomor

Cara kirim WhatsApp ke banyak nomor itu pada dasarnya cukup mudah. Ada beberapa pilihan cara mengirim pesan WA ke banyak nomor sekaligus yang bisa dilakukan pengguna. Pengguna bisa memanfaatkan fitur-fitur di WA buat kirim pesan ke banyak nomor.

Misalnya, pengguna bisa memanfaatkan fitur siaran atau broadcast untuk membagikan satu pesan ke banyak orang sekaligus. Selain itu, masih terdapat beberapa cara lainnya. Adapun penjelasan beberapa cara mengirim pesan WA ke banyak nomor adalah sebagai berikut.

1. Cara mengirim pesan WA ke banyak nomor dengan copy-paste

Cara mengirim pesan WA ke banyak nomor yang termudah pertama adalah dengan copy-paste atau salin-tempel. Pengguna bisa menyalin satu pesan yang dibuatnya di satu ruang obrolan, kemudian menempelkan ke ruang obrolan kontak lain.

Dengan copy-paste pesan WA, pengguna tak perlu repot mengetik lagi pesan yang sama untuk orang lain. Adapun penjelasan cara kirim WhatsApp ke banyak orang dengan copy-paste adalah sebagai berikut:

  • Buat dan kirim pesan di satu ruang obrolan.
  • Pilih dan tahan pesan tersebut, lalu pilih opsi “Salin” atau “Copy”.
  • Kemudian, buka ruang obrolan dengan kontak lain dan klik pada kolom pengetikan chat.
  • Setelah itu, pilih opsi “Tempel” dan kirim pesan.
  • Pengguna bisa menempelkan pesan yang telah disalin tadi ke beberapa ruang obrolan yang lainnya lagi.

Baca juga: 4 Cara Upload Status WhatsApp HD agar Tidak Buram dengan Mudah

2. Cara kirim WhatsApp ke banyak nomor dengan forward

Cara mengirim pesan WhatsApp ke banyak nomor yang kedua adalah dengan meneruskan atau forward pesan. Fitur forward memungkinkan pengguna mengirim satu pesan dari ruang obrolan ke ruang obrolan lainnya secara otomatis. Jadi, pesan akan diteruskan.

Dengan forward, pengguna bisa meneruskan satu pesan ke maksimal lima orang sekaligus dalam satu waktu. Cara ini lebih efisien dari cara pertama karena pengguna tak perlu banyak melakukan langkah berulang.

Adapun penjelasan cara kirim WhatsApp ke banyak orang dengan meneruskan pesan adalah sebagai berikut:

  • Buat dan kirim pesan di satu kontak.
  • Pilih dan tahan pesan tersebut, lalu pilih opsi “Teruskan” atau “Forward”.
  • Kemudian, pilih kontak hingga maksimal lima untuk jadi target penerima pesan yang diteruskan.
  • Setelah memilih, klik opsi “Forward” lagi dan pesan akan otomatis dikirimkan ke beberapa kontak terpilih tadi.

3. Cara mengirim pesan WA ke banyak nomor dengan broadcast

Cara mengirim pesan WhatsApp ke banyak nomor yang berikutnya adalah dengan menggunakan fitur broadcast atau siaran. Lewat fitur ini, pengguna bisa langsung membagikan satu pesan ke banyak kontak secara bersamaan.

Fitur broadcast memungkinkan pengguna mengirim pesan hingga ke 256 orang dalam satu waktu. Adapun cara mengirim pesan WA ke banyak nomor dengan broadcast adalah sebagai berikut:

  • Klik ikon plus yang berada di pojok kanan atas aplikasi WhatsApp.
  • Setelah itu, pilih menu “New broadcast”.
  • Tambahkan kontak sebagai penerima pesan broadcast, minimal 2 orang hingga maksimal 256 orang.
  • Kemudian, klik opsi “Create” dan bakal muncul halaman obrolan baru yang berisi kontak-kontak terpilih tadi.
  • Di halaman itu, buat pesan broadcast dan kirim.
  • Setiap kontak yang ditambahkan bakal menerima pesan yang sama. Namun,
  • kontak tidak akan mengetahui siapa saja orang yang menerima pesan broadcast.

Ilustrasi cara mengirim pesan WA ke banyak nomor dengan broadcast./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengirim pesan WA ke banyak nomor dengan broadcast.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat