cpu-data.info

Intel Kembali Rilis Update untuk Cegah "Crash" di Chip Raptor Lake

Ilustrasi prosesor Intel generasi ke-14 atau Raptor Lake Refresh
Lihat Foto

- Prosesor generasi terbaru Intel, yaitu Intel Core Generasi ke-13 dan ke-14 (Raptor Lake dan Raptor Lake Refresh) belakangan dikeluhkan tak stabil, sampai-sampai bisa membuat komputer (PC) pengguna tiba-tiba bermasalah (crash).

Kini, Intel merilis pembaruan (update) microcode untuk memperbaiki isu crash di chip Intel Raptor Lake dan Raptor Lake Refresh. Pembaruan ini dinamai dengan mikrokode 0x12B.

Ini merupakan update terbaru yang juga menyertakan dua pembaruan microcode lain yang sudah dirilis sebelumnya, yaitu 0x125 dan 0x129 yang masing-masing dirilis pada Juni dan Agustus lalu.

Pembaruan teranyar ini juga sudah disertai dengan opsi pengaturan terkait voltase yang sudah diterapkan Intel secara bawaan (default) untuk chip Raptor Lake dan Raptor Lake Refresh.

Kembali ke mikrokode 0x12B tadi, sederhananya, pembaruan tersebut merupakan update BIOS yang akan memperbarui mekanisme pemberian daya (voltase) di papan inti (motherboard).

Dengan update ini, komponen itu nantinya tak mengizinkan chip Intel memakai banyak voltase ketika dalam mode senyap (standby), sehingga isu crash bisa dihindari.

Baca juga: Intel Didenda Rp 6 Triliun karena Sengaja Jegal AMD

Nah, karena update ini berkaitan dengan motherboard, Intel mengatakan pihaknya tengah bekerja sama dengan para pembuat komponen inti PC tersebut.

Hal ini bertujuan supaya mereka segera menerapkan pembaruan 0x12B di motherboard mereka ke publik secara bertahap, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Sabtu (28/9/2024).

Belum bisa dipastikan apakah ini merupakan update mikrokode terakhir atau nantinya akan ada update lainnya.

Informasi selengkapnya mengenai pembaruan mikrokode 0x12B untuk chip atau prosesor Intel Core Generasi ke-13 dan ke-14 bisa dibaca secara lengkap di tautan berikut ini.

Baca juga: Intel Jelaskan Penyebab Prosesor Gen 13 dan Gen 14 Tidak Stabil

Isu crash di chip terbaru Intel

Seperti diwartakan sebelumnya, isu crash yang melanda prosesor Intel Core Generasi ke-13 dan ke-14 mulai mengemuka sekitar awal tahun ini, namun mulai ramai terdengar pada pertengahan 2024. 

Intel sudah mengakui hal ini, dan menurut mereka, ini terjadi karena ada kesalahan pengaturan (setting) komputer yang menyebabkan prosesor mendapat pasokan voltase terlalu besar.

Akibatnya, CPU lambat laun bisa mengalami degradasi alias kerusakan fisik sehingga menjadi tidak stabil dan crash di beberapa waktu.

Intel tak menyebut jumlah unit prosesor Intel Raptor Lake yang terdampak isu voltase ini. Namun, juru bicara Intel, Thomas Hannaford mengatakan bahwa varian prosesor Intel Core Generasi ke-13 dan ke-14 yang terdampak adalah varian K/KF/KS, dan non-K 65 watt.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat