cpu-data.info

Telkomsel Hyper AI Optimasi Jaringan Tanpa Tenaga Manusia di PON 2024

Ilustrasi Telkomsel Hyper AI di kantor Telkomsel Smart Office, Jakarta Selatan, Kamis (26/9/2024).
Lihat Foto

JAKARTA, - Telkomsel saat ini sudah mengimplementasikan teknologi kecerdasan buatan (AI), atau yang dijuluki sebagai Hyper AI, di seluruh operasional jaringan dan layanan pelanggan.

Hal ini bertujuan supaya semua proses pendeteksian dan penanganan masalah jaringan, respons terhadap keluhan pelanggan, dan pengalaman pemakaian layanan Telkomsel berjalan dengan efisien, lancar, dan maksimal. 

Hyper AI sendiri mulai diimplementasikan Telkomsel sejak tahun lalu, dan sudah diterapkan di berbagai acara (event) besar yang ada di Indonesia.

Salah satunya adalah perhelatan Pekan Olahraga Nasional (POIN) XXI 2024 Aceh - Sumatera Utara (Sumut) pada 9-20 September lalu. 

Dalam ajang ini, VP Global Network Operations, Galumbang Pasaribu mengeklaim Hyper AI mampu menjalankan tugas otomatisasi dan optimasi jaringan tanpa bantuan manusia dengan total mencapai 298 tugas (task) per hari. 

Baca juga: 6 Cara Cek Nomor HP Telkomsel Sendiri saat Lupa, Mudah dan Cepat

Optimasi yang dilakukan AI ini dilakukan di 139 titik ramai (POI) PON XXI 2024 Aceh - Sumut yang mencakup venue olahraga, jalanan-jalanan utama di Aceh dan Sumut, tempat tinggal atlet, dan lokasi lainnya yang berkaitan dengan penyelenggaraan PON. 

"Di PON XXI 2024 Aceh - Sumut, Hyper AI dapat mengurangi tugas optimasi jaringan yang sebelumnya dilakukan secara manual hingga 97 persen," kata Galumbang dalam ajang pengenalan Hyper AI di Telkomsel Smart Office, Kamis (26/9/2024).

"Karena pakai AI, penanganan masalah yang terjadi di pesta olahraga tersebut juga 9 kali lebih cepat, dan jumlah komplain terkait adanya gangguan turun 4 persen dibanding acara yang sama di tahun-tahun sebelumnya," tambah Galumbang. 

Hyper AI di acara dan momen lain

Peran Hyper AI Telkomsel di event besar seperti Malam Natal dan Tahun Baru 2024 serta Ramadhan dan Idul Fitri 2024, ditampilkan di ajang pengenalan Hyper AI di Telkomsel Smart Office, Jakarta Selatan, Kamis (26/9/2024)./BILL CLINTEN Peran Hyper AI Telkomsel di event besar seperti Malam Natal dan Tahun Baru 2024 serta Ramadhan dan Idul Fitri 2024, ditampilkan di ajang pengenalan Hyper AI di Telkomsel Smart Office, Jakarta Selatan, Kamis (26/9/2024).

Selain di PON XXI 2024 Aceh - Sumut, Hyper AI juga dipakai untuk mengoptimalkan kualitas jaringan di Upacara 17 Agustus IKN. 

Dalam acara tersbeut, Hyper AI dapat menangani 226 tugas optimasi jaringan per hari di total 33 POI yang tersebar di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur dan sekitarnya. 

Kemudian, Hyper AI juga membantu menurunkan tugas manual hingga 95 persen, meningkatkan penanganan masalah 5 kali lebih cepat, dan mengurangi total keluhan pelanggan hingga 25 persen. 

Di samping PON XXI 2024 Aceh - Sumut dan Upacara 17 Agustus IKN, Hyper AI juga dipakai di momen-momen penting seperti Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, serta di Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2024. 

Baca juga: Telkomsel Umumkan Hyper AI, Implementasi AI di Semua Aspek Bisnis

Pada Nataru 2023, total task dan optimasi yang dilakukan Hyper AI mencapai 3.224 tugas, dengan penurunan penyelesaian manual hingga 60 persen, penyelesaian masalah 4,8 kali lebih cepat, dan penurunan keluhan mencapai 28 persen. 

Sementara pada RAFI 2024, task yang dijalankan Hyper AI mencapai 4.698 tugas, dengan total penurunan tugas manual mencapai 90 persen, peningkatan respons 6 kali lebih cepat, dan penurunan keluhan atas masalah turun hingga 22 persen. 

Di luar hal-hal di atas, Hyper AI juga dipakai di acara-acara yang berpotensi mengundang keramaian, seperti pertandingan sepak bola hingga perhelatan konser musik. 

"Hyper AI hadir di aneka acara dan momen-momen penting tersebut untuk menghadirkan kualitas jaringan dan pelayanan pelanggan lebih baik dari sebelumnya," jelas Galumbang.

"Dengan begitu, pengalaman pemakaian Telkomsel juga akan bisa dirasakan lebih baik lagi oleh pelanggan," pungkas Galumbang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat