cpu-data.info

Kacamata Meta Ray-Band Kini Bisa Merespons "Real Time" Pandangan Pengguna

Ilustrasi kacamata pintar Ray-Ban Meta
Lihat Foto

- Meta (perusahaan induk Facebook, Instagram, WhatsApp) menggelar acara tahunan Meta Connect pada Rabu (25/9/2024). Salah satu hal baru yang diumumkan induk Facebook dalam acara tersebut yakni pembaruan untuk kacamata pintar Ray-Ban Meta.

Ray-Ban Meta akan dilengkapi dengan pemrosesan video real-time berbasis AI hingga kemampuan menerjemahkan bahasa secara langsung. 

Menurut Meta, dukungan AI realtime video akan memungkinkan pengguna bertanya ke Ray-Band Meta tentang apa yang dilihat pengguna, secara real-time. Contohnya ketika pengguna sedang berjalan-jalan di kota tertentu dan penasaran dengan tempat yang patut dikunjungi.

"Atau jika Anda berada di toko kelontong dan merencanakan menu makanan, Anda bisa meminta Meta AI (di Ray-Band Meta) membantu Anda mencari tahu apa resep yang cocok dan apakah saus yang ada di toko cocok dengan resep yang disarankan," kata pihak Meta dikutip dari laman about.fb, Kamis (26/9/2024).

Meta AI kemudian akan memberikan jawaban secara lisan dan real-time dari visual video lokasi dan pertanyaan pengguna tadi. Dan pengguna akan mendengar jawabannya dari speaker yang tertanam di kacamata.

Baca juga: Ramalan Sam ChatGPT Altman soal Masa Depan AI

Ilustrasi kacamata pintar Ray-Ban MetaMeta Ilustrasi kacamata pintar Ray-Ban Meta

Kemampuan itu terhitung meningkat dari sebelumnya, karena sejauh ini kacamata pintar Meta baru dilengkapi dukungan foto bila pengguna ingin mengajukan pertanyaan.

Namun meski sudah diumumkan, fitur AI real-time video di Ray-Band Meta baru akan tersedia pada akhir tahun ini.

Induk Facebook ini juga membuat pengalaman interaksi dengan Ray-Band Meta lebih luwes. Didukung dengan Meta AI, pengguna kacamata pintar ini bisa memulai percakapan bersama Ray-Band Meta dengan berkata "Hai Meta" untuk mengajukan pertanyaan awal.

Selanjutnya, pengguna hanya perlu menyampaikan pertanyaan lain untuk melanjutkan obrolan tanpa perlu memanggil Hei Meta lagi. Selain itu pengguna juga bisa langsung bertanya tentang apa yang dia lihat tanpa perlu menambahkan kata "Lihat" dan lain sebagainya.

Baca juga: Meta Pamer Orion, Kacamata AR Paling Ringkas dan Canggih

Fitur terjemah dan QR code

Selain dukungan AI realtime video, kacamata pintar ini juga akan dibekali fitur terjemahan, pemindai kode QR, serta integrasi dengan iHeartRadio dan Audible. 

Menurut CEO Meta, Mark Zuckerberg, pengguna yang berbicara dengan bahasa Inggris, bisa mengobrol dengan orang yang berbahasa Perancis, Italia atau Spanyol dibantu oleh terjemahan Ray-Ban Meta.

Ilustrasi kacamata pintar Ray-Ban MetaMeta Ilustrasi kacamata pintar Ray-Ban Meta

Kacamata ini akan menerjemahkan obrolan lawan bicara pengguna secara lisan melalui speaker perangkat, ke bahasa yang telah ditentukan pengguna. Fitur terjemahan ini juga akan tersedia pada akhir 2024, sembari menambahkan lebih banyak dukungan bahasa.

Fitur lainnya yang turut diumumkan Meta untuk kacamata pintarnya yaitu dukungan untuk memindai QR code. Dengan dukungan ini, pengguna bisa memanfaatkan Ray-Band Meta untuk memindai suatu kode QR. 

Adapun hasilnya akan langsung terbuka di ponsel pengguna yang terhubung dengan Ray-Band Meta, dihimpun KompasTekno dari TechCrunch.

Baca juga: Meta Rilis Headset VR Quest 3S, Versi Murah Meta Quest 3

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat