cpu-data.info

Ramai soal Archive Instagram Terhapus, Ini Cara Download Arsip IG agar Tidak Hilang

Ilustrasi Instagram Stories dengan warna cincin yang beragam, yakno biru untuk fitur Shared List, warna hijau untuk fitur Close Friends, dan gradasi ungu-kuning untuk publik.
Lihat Foto


- Baru-baru ini, para pengguna Instagram (IG) ramai mengeluhkan hilangnya archive (arsip) postingan secara tiba-tiba. Sebagian pengguna yang mengalami masalah ini, akan mendapatkan notifikasi “This story is no longer available” di konten yang dihapus.

Hal ini menimbulkan kepanikan di kalangan pengguna. Isu ini ramai diperbincangkan di media sosial, termasuk di platform X (sebelumnya Twitter) salah satunya pada utas berikut ini, di mana para netizen saling berbagi pengalaman terkait hilangnya arsip tersebut.

Banyak yang mempertanyakan alasan di balik kejadian ini dan mencari solusi agar konten berharga mereka tidak hilang begitu saja.

Mengingat pentingnya menjaga kenangan digital, banyak pengguna kini berusaha mencari cara untuk mengunduh dan menyimpan arsip mereka sebelum terjadi hal serupa.

Untuk menghindari kehilangan tiba-tiba, pengguna dapat mengambil langkah proaktif dengan mengunduh arsip Instagram mereka.

Instagram sendiri menyediakan fitur untuk mengunduh data pengguna, termasuk foto, video, dan arsip lainnya. Langkah ini cukup mudah dilakukan, dan dapat memberikan rasa aman bagi pengguna yang khawatir kehilangan momen-momen berharga.

Lantas bagaimana cara download arsip-arsip Instagram khususnya untuk postingan-postingan terdahulu? Selengkapnya berikut ini tutorialnya.

Baca juga: Cara Cek Aktivitas Login Akun Instagram biar Aman

Cara download arsip Instagram agar tidak hilang tiba-tiba

Ilustrasi cara download arsip Instagram/soffyaranti Ilustrasi cara download arsip Instagram

  • Buka akun Instagram Anda
  • Pilih “Edit profil”
  • Gulir ke bawah dan pilih “Pengaturan informasi pribadi”
  • Pilih “Informasi dan izin Anda”
  • Klik “Unduh informasi Anda”
  • Klik “Mengunduh atau mentransfer informasi”
  • Pilih salah satu akun Anda
  • Klik “Berikutnya”
  • Pilih informasi yang Anda unduh (seluruhnya atau beberapa saja)
  • Pilih “Transfer ke tujuan”
  • Selanjutnya pilih “Tujuan” dan pilih “Google Drive”
  • Pilih “Frekuensi jadwal”
  • Selanjutnya klik “Hubungkan” untuk menghubungkan ke akun Google Drive dan pilih akun Google Drive untuk mengunduh file arsip Instagram
  • Kemudian pilih “Start Transfer”
  • Selesai kini file-file di akun Instagram Anda telah terunduh

Baca juga: Cara Login Instagram lewat Aplikasi Facebook di HP dan PC

Penyebab arsip Instagram hilang

Saat pengguna mendapati file arsip Instagramnya hilang akan menemui notifikasi “This story is no longer available”. Penyebab hilangnya arsip Instagram secara tiba-tiba disebabkan oleh masalah teknis yang dialami oleh platform tersebut.

Instagram juga sempat mengirimkan notifikasi kepada sejumlah pengguna yang menyatakan, "Karena masalah teknis, cerita ini tidak lagi tersedia. Meskipun kami telah memperbaiki masalah ini, cerita Anda tidak dapat dipulihkan. Cerita yang terkena dampak masalah ini akan otomatis dihapus dari arsip Anda paling lambat tanggal 25 Juli."

Masalah teknis seperti ini sebenarnya bukan kali pertama terjadi. Pada bulan Juli lalu, sejumlah pengguna juga melaporkan bahwa beberapa arsip mereka tiba-tiba hilang. Instagram kemudian mengonfirmasi bahwa kejadian tersebut disebabkan oleh bug yang mengakibatkan hilangnya konten arsip, khususnya Instagram Stories.

Meskipun Instagram telah memperbaiki bug tersebut, konten yang terpengaruh tidak bisa dipulihkan, membuat pengguna kehilangan akses ke cerita yang sudah mereka arsipkan.

Contoh kejadian ini menunjukkan bahwa meskipun masalah teknis sudah ditangani, pengguna tetap harus waspada dan proaktif dalam mengamankan arsip mereka untuk menghindari kehilangan data di masa mendatang.

Demikian cara download arsip-arsip Instagram yang hilang tiba-tiba. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Instagram Rilis Akun Khusus Remaja, Interaksi Bisa Lebih Privat dan Aman

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat