cpu-data.info

Aplikasi Edit Foto Photoshop Kini Hadir Dalam Bahasa Indonesia

Adobe Photoshop bisa berjalan di komputer Mac terbaru
Lihat Foto

- Perusahaan pengembang perangkat lunak desain kenamaan, Adobe akhirnya menghadirkan dukungan bahasa Indonesia di software pengolah gambar, Photoshop.

Dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (26/9/2024), Direktur Strategi B2B Media Digital & GTM, Asia-Pasifik di Adobe, Chandra Sinnathamby, mengatakan bahwa kehadiran bahasa Indonesia ini merupakan upaya untuk mendukung kreativitas dan personalisasi pengguna di Indonesia.

"Seiring dengan perkembangan pengguna kreatif di Indonesia yang disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi digital mereka, kami sangat senang dapat menghadirkan pengalaman Adobe kepada lebih banyak kreator dengan memperkenalkan dukungan bahasa lokal di Photoshop," kata Sinnathamby.

Baca juga: Syarat Berlangganan Photoshop, Illustrator dkk Diduga Jebak Pelanggan

Dengan ini, pengguna di Indonesia bisa menggunakan bahasa Indonesia ketika menggunakan fitur AI Generative Fill di Photoshop.

Generative Fill adalah fitur yang didukung oleh Adobe Firefly Image 3 Model baru. Dengan fitur ini, pengguna bisa menambahkan obyek yang terlihat lebih realistis ke gambar pengguna.

Sebelumnya, pengguna harus memberikan deskripsi atau perintah pakai bahasa Inggris.

Fitur Generative Fill yang ada di Adobe Photoshop sudah bisa dijajal oleh pengguna Indonesia/Caroline Saskia Tanoto Fitur Generative Fill yang ada di Adobe Photoshop sudah bisa dijajal oleh pengguna Indonesia

Mulai September ini, pengguna bisa memberikan perintah pakai bahasa Indonesia saat menggunakan fitur Generative Fill di aplikasi Photoshop (beta).Adobe Mulai September ini, pengguna bisa memberikan perintah pakai bahasa Indonesia saat menggunakan fitur Generative Fill di aplikasi Photoshop (beta).
Tak hanya itu, pengguna juga bisa mengubah bahasa antarmuka di aplikasi Photoshop desktop ke bahasa Indonesia.

Menurut Adobe, dengan memilih Bahasa Indonesia, pengguna dapat menikmati pengalaman yang lebih intuitif dan relevan dengan versi Photoshop yang sepenuhnya disesuaikan dengan bahasa lokal mereka.

Adobe juga menyertakan dukungan bahasa Indonesia untuk sumber daya di seluruh platform, termasuk HelpX dan modul pembelajaran dalam aplikasi.

Jadi, pengguna di Indonesia bisa menavigasi aplikasi menjadi mudah dengan konten dan tutorial yang disesuaikan dengan bahasa asli.

Secara default, pengguna baru dapat mengunduh versi Photoshop yang disesuaikan berdasarkan pengaturan bahasa OS mereka.

Untuk pengguna lama, mereka dapat mengubah preferensi bahasa aplikasi di aplikasi Creative Cloud Desktop untuk mengakses versi bahasa baru.

Baca juga: Adobe Photoshop Web Dibuka untuk Umum, Ini Harga dan Spek Minimumnya

Cara mengubah preferensi bahasa di aplikasi Photoshop

  • Buka aplikasi desktop Creative Cloud.
  • Pilih ikon akun di kanan atas, lalu Preferensi.
  • Pilih Aplikasi di bilah sisi kiri kotak dialog Preferensi.
  • Pilih bahasa pilihan Anda dari daftar Bahasa instalasi default, lalu Selesai untuk menerapkan perubahan sebelum menginstal aplikasi Photoshop.
  • Copot pemasangan dan instal ulang aplikasi jika sudah diinstal untuk menerapkan perubahan bahasa.

Catatan, semua aplikasi yang diunduh setelah melakukan perubahan ini akan diinstal dalam bahasa baru.

Menurut Adobe, jika pengguna sudah menggunakan sistem operasi non-Inggris, aplikasi Photoshop akan diinstal dan diluncurkan dalam bahasa yang sama, dan pengguna tidak perlu mengikuti langkah-langkah di atas.

Untuk panduan langkah-langkah tentang cara penggunaan Photoshop dalam bahasa Indonesia selengkapnya, kunjungi laman HelpX Adobe.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat