cpu-data.info

Cara Ganti Nomor WhatsApp Tanpa Menghilangkan Chat dan Kontak, Mudah

Cara ganti nomor WhatsApp tanpa menghilangkan chat dan kontak.
Lihat Foto

- Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa panduan dasar dalam mengoperasikan WhatsApp atau biasa disingkat WA. Salah satu panduan dasar itu seperti cara ganti nomor WhatsApp tanpa menghilangkan chat dan kontak.

Cara mengganti nomor WA tanpa kehilangan chat dan kontak ini bakal berguna buat pengguna. Ganti nomor WA dari yang lama ke yang baru perlu dilakukan ketika nomor telepon lama pengguna sudah tidak aktif lagi.

Baca juga: 2 Cara Menghapus Akun WhatsApp yang Nomornya Sudah Tidak Aktif, Mudah

Saat nomor telepon tidak aktif, pengguna tidak akan bisa mendapatkan kode verifikasi dari WhatsApp, sehingga bakal menyulitkan buat login. Oleh karena itu, jika nomor telepon yang lama tidak aktif atau hilang, pengguna perlu menggantinya dengan yang baru di WhatsApp.

Namun, sebenarnya apakah jika kita ganti nomor WA chat akan hilang? Jika diganti langsung dengan nomor baru, tanpa ada perpindahan dulu, pengguna bisa kehilangan semua data, termasuk, chat dan kontak, yang ada di WhatsApp dengan nomor telepon lama.

Akan tetapi, jika pengguna melakukan perpindahan dulu, chat di WhatsApp dengan nomor telepon lama bakal tetap tersedia ketika nomor telah berganti. Dengan demikian, pengguna penting buat mengetahui cara ganti nomor WhatsApp tanpa menghilangkan chat.

Lantas, bagaimana cara mengganti nomor WhatsApp tanpa menghilangkan chat dan kontak? Jika tertarik untuk mengetahuinya, silakan simak penjelasan di bawah ini soal cara mengganti nomor WA tanpa kehilangan chat dan kontak dengan mudah.

Cara ganti nomor WhatsApp tanpa menghilangkan chat dan kontak

Cara ganti nomor WhatsApp tanpa menghilangkan chat itu pada dasarnya sangat mudah. Pengguna bisa melakukan pergantian atau peralihan nomor melalui menu pengaturan yang terdapat di WhatsApp dengan nomor telepon lama.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi WA “Akun Ini Tidak Diizinkan Menggunakan WhatsApp Karena Spam” dan Penyebabnya

Sebelum melakukan pergantian nomor WhatsApp, pengguna perlu memastikan telah memenuhi beberapa syaratnya. Adapun beberapa syarat ganti nomor WhatsApp adalah sebagai berikut:

  • Pastikan nomor telepon baru telah aktif, sehingga dapat menerima SMS dan telepon.
  • Pastikan nomor lama yang hendak diganti telah terdaftar atau dipakai login di WhatsApp.

Setelah memahami syarat tersebut, adapun penjelasan cara ganti nomor WhatsApp tanpa menghilangkan chat dan kontak adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Setelah itu, pilih menu “Settings” atau “Setelan”.
  • Kemudian, pilih menu pengaturan “Account”.
  • Klik opsi “Change number” atau “Ganti Nomor dan tekan “Lanjut”.
    Ilustrasi cara ganti nomor WhatsApp tanpa menghilangkan chat dan kontak./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara ganti nomor WhatsApp tanpa menghilangkan chat dan kontak.
  • Masukkan nomor telepon laman dan nomor telepon baru, lalu tekan “Lanjut”.
  • Berikutnya, pengguna bisa mengaktifkan opsi “Beri tahu kontak” untuk memberi notifikasi ke kontak saat nomor telepon berganti.
  • Pengguna bisa memilih memberi tahu semua kontak, kontak yang ada di daftar chat, atau kontak tertentu. Semua grup yang diikuti akan otomatis diberi tahu.
  • Setelah mengatur pemberitahuan pergantian nomor, klik opsi “Selesai”.
  • Terakhir, masukkan kode verifikasi atau kode OTP yang dikirim WhatsApp ke nomor telepon baru dan nomor akan berhasil diganti tanpa kehilangan chat.

Ilustrasi cara mengganti nomor WA tanpa kehilangan chat dan kontak. /Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengganti nomor WA tanpa kehilangan chat dan kontak.

Baca juga: 2 Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus Permanen dengan Mudah

Cukup mudah bukan cara mengganti nomor WA tanpa kehilangan chat dan kontak? Dengan cara di atas, pengguna tak perlu khawatir jika chat dan kontak di WhatsApp bakal hilang setelah ganti nomor baru.

Pasalnya, ganti nomor WhatsApp dengan cara di atas tidak akan mengubah konten dan data dalam akun pengguna. Pengguna akan tetap menggunakan akun WhatsApp lama, hanya saja nomor teleponnya yang berganti.

Dengan demikian, data pengguna seperti chat dan kontak tidak akan hilang. Demikianlah penjelasan mengenai cara ganti nomor WhatsApp tanpa menghilangkan chat dan kontak dengan mudah, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link #. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat