cpu-data.info

2 Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus Permanen dengan Mudah

Cara mengembalikan chat WA yang terhapus secara permanen.
Lihat Foto

- Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa panduan dasar dalam mengoperasikan WhatsApp atau biasa disingkat WA. Salah satu panduan dasar itu seperti cara mengembalikan chat WA yang terhapus permanen.

Cara mengembalikan chat WA yang terhapus permanen itu bakal berguna untuk pengguna. Dalam kondisi tertentu, pengguna bisa saja tidak sengaja menghapus chat penting dari kontak tertentu di WhatsApp.

Baca juga: 5 Cara agar WhatsApp Terlihat Offline padahal Online, Mudah dan Praktis

Jika tak sengaja menghapus chat WA, pengguna sejatinya masih bisa mengembalikannya dengan menekan tombol “Undo” atau “Urungkan”. Setelah ditekan, WhatsApp bakal mengurungkan untuk menghapus pesan.

Alhasil, chat yang tadi dihapus akan kembali lagi di ruang obrolan WhatsApp. Akan tetapi, tindakan urungkan hapus pesan hanya bisa dilakukan paling lama lima detik setelah chat WhatsApp baru dihapus.

Lebih dari lima detik, pengguna tidak akan bisa mengakses tombol “Undo” atau “Urungkan”. Untuk mengembalikan chat WhatsApp yang sudah terhapus dalam waktu lama atau permanen, ada cara lain yang bisa dilakukan.

Dengan demikian, pengguna kiranya penting untuk mengetahui cara mengembalikan chat WA yang terhapus permanen. Lantas, bagaimana cara mengembalikan chat WA yang sudah terhapus permanen?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengembalikan chat WA yang terhapus permanen.

Cara mengembalikan chat WA yang terhapus permanen

Cara mengembalikan chat WA yang terhapus permanen itu pada dasarnya cukup mudah. Pengguna bisa mengembalikan chat WA yang terhapus permanen dengan melakukan pemulihan melalui cadangan di penyimpanan Cloud.

Untuk diketahui, WhatsApp dapat mencadangkan chat melalui penyimpanan Cloud di masing-masing HP, seperti iCloud di iPhone dan Google Drive di Android. Cadangan chat di Cloud itu bisa dipakai buat mengembalikan chat WA yang terhapus permanen.

Baca juga: 5 Cara Membuat Tulisan Berwarna di WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan, Mudah

Adapun penjelasan yang lebih detail mengenai cara mengembalikan chat WA yang terhapus permanen lewat cadangan di Cloud masing-masing HP adalah sebagai berikut.

1. Cara mengembalikan chat WA yang terhapus permanen dengan iCloud

Pertama, cara mengembalikan chat WA yang terhapus permanen bisa dengan memulihkannya chat melalui iCloud di iPhone.

Untuk mengembalikan chat WA yang terhapus permanen di iPhone, pengguna perlu memastikan telah mencadangkan chat sebelumnya di iCloud.

Pencadangan chat ini bisa dijumpai di menu “Settings”, lalu pilih opsi “Chat” dan “Cadangan Chat”. Jika telah dicadangkan, pengguna bisa memulihkannya kapan saja untuk mengembalikan chat WA yang terhapus permanen di iPhone.

Adapun cara mengembalikan chat WA yang terhapus permanen di iPhone dengan iCloud adalah sebagai berikut:

  • Instal ulang aplikasi WhatsApp di iPhone, dengan menghapus dan memasang kembali aplikasinya.
  • Setelah itu, login aplikasi WhatsApp dan selesaikan proses verifikasi akun.
  • Selanjutnya, pada halaman pemulihan chat, pilih opsi “Pulihkan Riwayat Chat”.
  • Kemudian, WhatsApp bakal mencari data chat yang tercadangkan di iCloud.
  • Jika tersedia, pengguna bisa menggunakan data tersebut untuk mengembalikan chat WA yang terhapus permanen.
  • Terakhir, proses pemulihan chat bakal berjalan dan chat yang terhapus permanen bakal muncul lagi di WhatsApp iPhone.

3. Cara mengembalikan chat WA yang terhapus permanen dengan Google Drive

Cara mengembalikan chat WA yang terhapus permanen selanjutnya adalah dengan memulihkannya melalui Google Drive di Android.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat