cpu-data.info

Pengguna Android Kini Bisa Tanya Jawab dengan Gmail

Aplikasi Gmail dan Google.
Lihat Foto

- Google memperluas ketersediaan chatbot kecerdasan buatan Gemini AI di layanan surat elektronik (e-mail) Gmail. Setelah dirilis ke Gmail versi web, Gemini AI kini tersedia pula di Gmail Android.

Google menyebut dukungan Gemini untuk Gmail sebagai fitur Gmail Q&A atau Tanya Jawab Gmail.

Berkat dukungan itu, pengguna Gmail Android bisa memanfaatkan Gemini untuk mengajukan aneka pertanyaan atau perintah.

Misalnya untuk menemukan detail informasi tertentu dalam e-mail, menunjukkan e-mail yang belum dibaca, melihat e-mail dari orang tertentu atau bahkan meringkas e-mail dengan topik yang sama di kotak masuk (inbox).

Baca juga: Mengenal Gemini AI Google yang Mirip ChatGPT dan Cara Menggunakannya

"Kami dengan gembira mengumumkan bahwa fitur Gmail Q&A kini diluncurkan di perangkat Android," kata Google dikutip KompasTekno dari blog resminya, Minggu (1/9/2024).

Menurut tangkapan gambar yang dibagikan Google, tersedia ikon Gemini di pojok kanan atas aplikasi Gmail. Lewat ikon itu pula pengguna Android dapat menjangkau chatbot Gemini untuk berbagai perintah.

Logo chatbot Gemini di aplikasi Gmail versi AndroidGoogle Logo chatbot Gemini di aplikasi Gmail versi Android

Seperti AI generatif lainnya, kehadiran Gemini di Gmail dapat membantu memudahkan aktivitas pengguna, khususnya dalam hal memahami atau menyortir informasi yang diterima lewat e-mail.

Kendati demikian, hasil dari AI generatif boleh jadi tidak akurat sepenuhnya, sehingga pengguna perlu memeriksa ulang untuk memastikan akurasinya.

Sebagaimana pernyataan Google di atas, saat ini Gemini di Gmail baru tersedia untuk pengguna perangkat Android.

Baca juga: Pembuat Gmail: Google Sudah Tertinggal dalam Perlombaan AI

Google juga menyatakan bahwa pengguna harus berlangganan layanan Google One AI Premium atau memakai paket Google Workspace dengan tambahan (add-on) layanan Gemini Business, Enterprise, Education atau Education Premium.

Singkatnya, Gemini di Gmail tidak tersedia untuk semua pengguna Android, melainkan terbatas untuk pengguna Android yang berlangganan layanan di atas.

Raksasa teknologi ini juga memastikan fitur yang sama segera hadir untuk pengguna perangkat berbasis sistem operasi iOS.

Fitur Gmail Q&A sendiri awalnya diperkenalkan Google lewat konferensi tahunan Google I/O yang digelar pada 15 Mei 2024 lalu. Seiring waktu fitur tersebut dirilis untuk Gmail di web pada Juni 2024 lalu dan kini di Gmail Android.

Gemini di Google Meet

Google belakangan memang gencar menyematkan Gemini AI ke berbagai layanannya. Awal pekan ini, Google menambahkan fitur bernama "take notes for me" pada platform video telekonferensi Google Meet.

Fitur yang didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) Gemini bikinan Google ini pertama kali diumumkan oleh Google pada konferensi Cloud Next Agusuts 2023. Setelah setahun, fitur ini akhirnya dirilis ke pengguna.

Seperti namanya, fitur AI take notes for me ini bertugas untuk membuat notula atau catatan pertemuan/rapat.

Fitur ini mirip dengan tools transkripsi di Google Meet. Perbedaannya, fitur AI take notes for me hanya akan merangkum apa yang dibicarakan setiap orang, bukan mentranskripsikan apa yang dikatakan setiap peserta rapat.

Untuk saat ini, fitur take notes for me hanya tersedia saat menggunakan Google Meet di komputer atau laptop, dan rapat harus dilakukan dalam bahasa Inggris lisan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat