cpu-data.info

Pencegahan Monkeypox, Ini Cara Isi SatuSehat Health Pass bagi Pendatang dari Luar Negeri

SatuSehat Health Pass. Formulir SatuSehat Health Pass wajib diisi pendatang dari luar negeri untuk mencegah penyebaran virus cacar monyet.
Lihat Foto

- Pelaku perjalanan dari luar negeri, baik WNA maupun WNI, terutama yang menggunakan transportasi udara, kini wajib mengisi SatuSehat Health Pass sebelum masuk ke Indonesia untuk mencegah penyebaran virus cacar monyet atau monkeypox (mpox).

Sebagai informasi, SatuSehat Health Pass merupakan formulir swadeklarasi elektronik yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebagai upaya memperketat pemeriksaan kesehatan guna mencegah varian baru virus mpox Claide lb masuk ke Indonesia.

Baca juga: 10 Aplikasi untuk Lari di Android dan iOS, Bisa Catat Capaian Jarak dan Waktu

“Skrining ketat dilakukan menyusul ditemukannya varian Clade Ib di luar kawasan Afrika. Virus Mpox Clade Ib terindikasi memiliki derajat keparahan yang lebih tinggi, penularan lebih cepat, termasuk menular ke populasi anak-anak,” kata Juru Bicara Kemenkes M. Syahril dikutip dari siaran pers Kemenkes, Jumat (30/8/2024).

Syahril mengatakan, kewajiban pengisian SatuSehat Health Pass telah dikordinasikan dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Pihak Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menindaklanjuti dengan mengeluarkan Surat Edaran Nomor:SE 5 DJPU Tahun 2024 tentang Penggunaan SATUSEHAT Health Pass Pada Pelaku Perjalanan Luar Negeri.

Dalam surat edaran tersebut, Kemenhub meminta Badan Usaha Angkutan Udara dan Perusahaan Angkutan Udara Asing yang melayani penerbangan ke luar negeri agar melakukan empat upaya untuk mencegah penularan cacar monyet di Indonesia.

Salah satunya adalah menyosialisasikan kewajiban pengisian SatuSehat Health Pass. Jadi, setiap pendatang dari luar negeri yang hendak terbang ke Indonesia sekarang wajib mengisi SatuSehat Health Pass terlebih dahulu.

Baca juga: 5 Aplikasi untuk Bantu Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ekstrem

Lantas, bagaimana cara mengisi SatuSehat Health Pass? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai link dan cara mengisi SatuSehat Health Pass untuk mencegah penyebaran dan penularan virus cacar monyet.

Link dan cara mengisi SatuSehat Health Pass

Syahril menjelaskan, pelaku perjalanan luar negeri yang hendak terbang ke Indonesia bisa mengisi SatuSehat Health Pass sebelum atau saat check-in di keberangkatan. Hal ini untuk mencegah penumpukan penumpang di pintu masuk negara.

SatuSehat Health Pass dapat diakses dan diisi oleh pelaku perjalanan luar negeri secara online melalui website, jadi tak perlu menginstal aplikasi. Adapun link dan cara mengisi SatuSehat Health Pass adalah sebagai berikut:

  • Buka link SatuSehat Health Pass ini, #.
  • Kemudian, atur bahasa yang ingin digunakan.
  • Setelah itu, tekan opsi “Start” atau “Mulai”.
    Ilustrasi cara mengisi SatuSehat Health Pass untuk mencegah penularan monkeypox./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengisi SatuSehat Health Pass untuk mencegah penularan monkeypox.
  • Berikutnya, isi semua data yang diminta, seperti nama lengkap, nomor paspor, waktu kedatangan, dan jawab pertanyaan kesehatan.
  • Terakhir, klik opsi “Submit” dan bakal muncul kode QR. Simpan kode QR tersebut untuk dipindai petugas bandara.

Baca juga: 5 Gadget yang Bisa Dipakai buat Mendukung Olahraga Lari

Itulah link dan cara mengisi SatuSehat Health Pass. Dalam waktu 21 hari setelah bepergian ke luar negeri atau berasal dari negara terdampak virus mpox, pelaku perjalanan mengalami sakit maka harus segera mencari perawatan di fasilitas kesehatan terdekat.

Kemudian, saat mencari perawatan di fasilitas kesehatan, pendatang atau pelaku perjalanan luar negeri yang mengalami sakit, juga harus menunjukkan kode QR Satu Sehat Health Pass kepada petugas kesehatan.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link #. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat