cpu-data.info

Pengguna ChatGPT Naik Dua Kali Lipat, Sekian Jumlahnya

Ilustrasi ChatGPT.
Lihat Foto

- Jumlah pengguna aktif mingguan (weekly active users) chatbot buatan OpenAI, yaitu ChatGPT, diklaim sudah menembus angka 200 juta pengguna. 

Hal ini disampaikan OpenAI dalam sebuah pernyataan ke salah satu situs web berita internasional, Axios. Angka ini meningkat dua kali lipat dari jumlah weekly active users pada November 2023 lalu yang berkisar di angka 100 juta pengguna. 

OpenAI mengatakan bahwa model AI terbarunya, yaitu GPT-4o Mini yang dirilis pada Juli lalu, berkontribusi pada jumlah peningkatan pengguna ChatGPT. Menurut OpenAI, pemakaian model AI ini (via sistem aplikasi alias API) meningkat dua kali lipat sejak pertama kali dirilis. 

Selain itu, OpenAI juga mengeklaim ChatGPT kini sudah dipakai banyak perusahaan dunia. Bahkan, 92 persen dari perusahaan-perusahaan kenamaan global yang tergabung dalam kelompok "Fortune 500", lanjut OpenAI, kini telah memakai ChatGPT di dalam produk mereka.

Baca juga: Pendiri OpenAI Mundur, Hijrah ke Perusahaan Kompetitor

Terkait peningkatan jumlah pengguna ini, CEO OpenAI Sam Altman mengatakan, hal ini bisa terwujud berkat banyaknya orang dan perusahaan yang kini menggunakan ChatGPT di kehidupan sehari-hari mereka. 

"Orang-orang menggunakan ChatGPT untuk memperlancar aktivitas mereka sehari-hari, dan ini memberikan dampak positif sekaligus memicu kreativitas di berbagai bidang, mulai dari kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya," kata Sam.

Nah, peningkatan jumlah pengguna ChatGPT ini membuktikan bahwa produk AI semakin dilirik oleh manusia untuk membantu menyelesaikan pekerjaan mereka. Peningkatan ini juga menggambarkan bahwa kompetisi model AI yang ada di pasar kini semakin sengit.

Salah satu chatbot kompetitor OpenAI, yaitu Meta AI buatan Meta, misalnya, kabarnya kini telah memiliki jumlah pengguna aktif yang lebih banyak dari ChatGPT, yaitu mencapai 400 juta. Namun, jumlah pengguna aktif ini merupakan bulanan (monthly), bukan mingguan (weekly)

Baca juga: OpenAI Diretas tapi Diam-diam Saja, Tak Lapor FBI

Tidak disebutkan berapa jumlah weekly active users Meta AI. Namun yang jelas, jumlah pengguna hariannya (daily active users) mencapai 40 juta pengguna, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Jumat (30/8/2024).

Boleh jadi chatbot bikinan Google, yaitu Gemini, serta produk serupa bikinan Microsoft, yaitu Copilot juga memiliki jumlah peningkatan pengguna aktif. Namun, hal ini belum diketahui pasti lantaran kedua perusahaan belum mengumbar data tersebut ke publik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat