cpu-data.info

Kabel USB4 2.0 Hadir, Ini Perusahaan Pertama yang Bikin

Ilustrasi kabel USB4 2.0 yang memiliki kecepatan transfer data hingga 80 Gbps.
Lihat Foto

- USB Promoter Grup, sebuah konsorsium yang menciptakan standar teknologi USB untuk berbagai perangkat elektronik, memperkenalkan standar USB4 2.0 pada Oktober 2022 lalu.

Standar ini memungkinkan suatu kabel atau konektor di perangkat elektronik mendukung kecepatan transfer data hingga 80 Gbps dan pengisian daya (Power Delivery/PD) hingga 240 watt. USB4 1.0 sendiri memiliki kecepatan transfer data mentok di 40 Gbps.

Nah, aksesori komputer yang memiliki standar tersebut kini sudah diadopsi pertama kalinya oleh Elecom, sebuah perusahaan pembuat periferal komputer (PC) asal Jepang. 

Baca juga: iPhone 16 Kok Masih Pakai USB Kuno Berumur 24 Tahun?

Elecom memproduksi dua kabel USB4 2.0 yang mengadopsi tipe Male to Male (USB-C ke USB-C). Kedua kabel ini kompak memiliki kecepatan transfer data hingga 80 Gbps. Namun, dukungan PD di masing-masing kabel ini berbeda, yaitu 60 watt dan 240 watt.

Meski memiliki dukungan PD berbeda, kedua kabel ini tetap memiliki teknologi DisplayPort passthrough yang mendukung pemutaran video resolusi 8K (7.680 x 4.320 piksel) dengan refresh rate 60 Hz.

Dukungan DisplayPort ini memungkinkan pengguna mencolokkan sebuah perangkat, seperti smartphone, ke perangkat layar, seperti monitor atau TV. DisplayPort bertujuan supaya konten di smartphone tersebut bisa dilihat di layar besar dengan bagus dan lancar. 

Kabel Elecom dengan standar USB4 2.0.TechPowerUp.com Kabel Elecom dengan standar USB4 2.0.

Lantas, kapan kedua kabel Elecom ini akan tersedia di pasar? Rencananya, kedua kabel tersebut ini akan diluncurkan sekitar pertengahan Desember mendatang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari WCCFTech, Rabu (9/10/2024). 

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini Bedanya Kabel USB Murah dan Mahal

Kabarnya, Microsoft saat ini tengah menguji coba standar USB4 2.0 di sistem operasi (OS) Windows 11 Insider Preview Build. Uji coba ini kemungkinan besar akan melihat kompatibilitas serta mengukur performa standar USB teranyar tersebut.

Adapun standar USB4 2.0 sendiri kemungkinan akan diluncurkan secara resmi oleh USB-IF, perusahaan yang mengatur dan mengurus standar USB-C, sekitar akhir tahun ini. Boleh jadi, hal tersebut terjadi di bulan Desember juga, sama seperti peluncuran kedua kabel USB4 2.0 buatan Elecom tadi. 

Setelah diluncurkan resmi, ada kemungkinan berbagai produsen periferal komputer akan mulai mengadopsi standar USB4 2.0. Namun, belum bisa dipastikan kapan hal tersebut akan terjadi, dan kapan produk dengan standar ini akan marak di pasar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat