cpu-data.info

Generative AI Juga Bisa Dimanfaatkan untuk Jaga Keamanan

Ilustrasi Generatif AI AWS.
Lihat Foto

- AI generatif (Generative AI) bukan hanya menjadi alat untuk membantu meringankan tugas suatu perusahaan saja, melainkan juga membantu keamanan (security) infrastruktur.

"AI generatif sebenarnya dapat membantu tim keamanan menjadi lebih proaktif, dan juga lebih cepat dalam mengamankan masalah," ujar Kimberly Dickson, Senior Worldwide Security Specialist di Amazon Web Services (AWS).

Dalam diskusi yang digelar online, Kimberly menjelaskan, AI generatif mengotomatiskan tugas-tugas tim, sehingga memungkinkan tim keamanan melakukan lebih banyak hal dengan keterbatasan staf mereka.

Baca juga: Komitmen AWS pada Generative AI di Indonesia

Misalnya, otomatisasi yang sangat sederhana, seperti meringkas intelijen ancaman, atau mengotomatiskan penambalan server mereka. Selain itu juga meningkatkan keterampilan profesional keamanan, hingga memungkinkan pelanggan menjadi lebih proaktif atau reaktif.

"Kami melihat AI generatif dapat membantu pelanggan kami mengotomatiskan tugas-tugas yang berulang ini," ujar wanita yang disapa Kim itu, Selasa (9/7/2024).

Kimberly Dickson, Senior Worldwide Security Specialist AWS.AWS Kimberly Dickson, Senior Worldwide Security Specialist AWS.
Contoh lainnya menurut Kim, AI Generatif juga meningkatkan level profesional tim keamanan. Misalnya, mereka mungkin perlu melakukan hal-hal seperti wawasan berburu ancaman yang lebih dalam, atau membuat serta menjalankan pedoman ini.

AI generatif juga dapat digunakan untuk memungkinkan analis keamanan manusia mencari data dalam jumlah besar dengan lebih mudah menggunakan kueri bahasa milik AWS.

AI juga dapat meningkatkan model ancaman tersebut dengan memperbaiki beberapa kata-kata rutin, serta melihat sejumlah besar intelijen ancaman yang sangat teknis, dan meringkasnya sehingga manusia dapat memahaminya dengan lebih mudah.

Perkuat empat layanan

Untuk membantu pelanggan membangun aplikasi AI Generatif yang memiliki fondasi keamanan yang kuat, AWS pun merilis beberapa pembaruan dalam layanannya.

Baca juga: Aplikasi Telkomsel Pakai AWS untuk Tingkatkan Pengalaman Pengguna

Keempat update layanan itu diumumkan di ajang AWS re:Inforce 2024 lalu.Keempatnya adalah:

Amazon GuardDuty: Tool AWS untuk mendeteksi ancaman tingkat lanjut dan pemantauan berkelanjutan, kini mendukung perlindungan malware untuk Amazon S3.

AWS Identity and Access Management (IAM): Kontrol atas izin dan akses pengguna yang ditingkatkan, dengan mendukung password sebagai faktor autentikator kedua untuk memberikan proses login yang lebih mudah dan aman.

AWS CloudTrail Lake: Pencatatan dan pemantauan aktivitas akun AWS yang komprehensif kini memiliki pratinjau pembuatan kueri bahasa alami, agar lebih cepat dan lebih mudah bagi tim keamanan untuk menyisir log.

AWS Audit Manager: Kini dengan praktik terbaik GenAI yang telah diperbarui untuk Amazon SageMaker, memberikan visibilitas yang lebih baik, pemetaan sumber data, dan pengumpulan bukti secara otomatis.

"(pembaruan ini) membantu pelanggan dalam mendapatkan visibilitas mengenai apakah beban kerja AI mematuhi kontrol seputar tata kelola, keamanan data, privasi, manajemen insiden, serta perencanaan kelangsungan bisnis," jelas Kimberly.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat