cpu-data.info

Setelah 41 Tahun, Fitur Sederhana Ini Akhirnya Hadir di Windows Notepad

Notepad di Windows
Lihat Foto

- Microsoft diam-diam merilis fitur baru untuk aplikasi Notepad di Windows 11. Fitur baru tersebut berfungsi untuk memeriksa ejaan dan mengoreksi tulisan salah yang diketik di Notepad. 

Fitur "anti-salah" ini diuji coba sejak Maret lalu. Setelah diuji selama beberapa bulan, fitur sederhana ini dirilis di Notepad Windows 11. 

Pengguna Notepad di Windows 11 yang sudah mendapatkan fitur ini nantinya akan melihat garis bawah berwarna merah di teks yang ejaan atau tulisannya diduga salah. Tanda tersebut akan memudahkan pengguna untuk memeriksa kembali teks yang diketik di aplikasi Notepad. 

Kendati demikian, fitur "anti-salah" ini juga akan menandai sejumlah kata atau kalimat teknis yang belum dipahami oleh aplikasi Notepad.

Microsoft merilis fitur untuk mengecek ejaan atau kata yang salah di aplikasi Notepad Windows 11. Fitur sedarhana ini baru pertama kali hadir di Notepad sejak dirilis pada 1983. Toms Hardware Microsoft merilis fitur untuk mengecek ejaan atau kata yang salah di aplikasi Notepad Windows 11. Fitur sedarhana ini baru pertama kali hadir di Notepad sejak dirilis pada 1983.

Pengguna juga bisa menambahkan kata tertentu yang belum dikenali Notepad ke dalam "kamus". Dengan demikian, kata tersebut tidak akan lagi diberi tanda sebagai kata yang salah. 

Baca juga: Upgrade Notepad di Windows 11, Cocok bagi Yang Suka Lupa Nge-save

Fitur untuk mengoreksi tulisan dan ejaan ini sebenarnya adalah fitur sederhana yang sudah banyak ditemukan di berbagai aplikasi untuk mengetik. Namun, fitur ini baru hadir di Windows Notepad setelah 41 tahun eksis. 

Windows Notepad sendiri pertama kali hadir pada 1983. Selama ini, Microsoft terkesan jarang merilis fitur-fitur baru untuk Windows Notepad. 

Notepad mulai terlihat "diurus" sejak kehadiran Windows 10 dan Windows 11. Microsoft merilis sejumlah pembaruan dan fitur baru untuk Notepad di Windows 10, seperti fitur untuk memperbesar teks, pencarian, dan sejumlah fitur lain. 

Dirangkum KompasTekno dari Toms Hardware, Rabu (10/7/2024), aplikasi Notepad yang hadir di Windows 11 juga mendapat perhatian dari Microsoft. 

Notepad di Windows 11 membawa sejumlah fitur baru, seperti mode gelap (dark mode), fitur menyimpan otomatis, serta antarmuka baru yang memudahkan pengguna membuka banyak dokumen di Notepad. 

Terintegrasi dengan Copilot

Microsoft sendiri sejak peluncuran Windows 11 memang mulai lebih "mengurus" aplikasi Notepad. Bahkan pada awal tahun 2024 ini, Microsoft mengintegrasikan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) Copilot ke aplikasi Notepad.

AI baru Microsoft ini sebelumnya sudah diintegrasikan di aplikasi Microsoft 365, seperti Word, Excel, Powerpoint, Outlook, Teams, dan sebagainya. Dalam blog Windows, Microsoft mengumumkan bahwa Notepad versi 11.2401.25.0 membawa fitur AI bernama "Explain with Copilot (Jelaskan dengan Copilot)".

Baca juga: Microsoft Office Versi Web Diperbarui, Kini Ada Fitur Autosave

Seperti namanya, pengguna bisa meminta bantuan Copilot untuk menjelaskan file log, segmen kode, atau konten/kalimat apa pun yang dipilih dari dalam Notepad. Dengan demikian, pekerjaan yang dilakukan memanfaatkan Notepad, seperti mengulas artikel atau memahami konteks berita atau jurnal, akan lebih mudah dilakukan dengan bantuan AI Copilot.

Untuk mencobanya, pengguna hanya perlu menyorot teks apa pun, lalu klik kanan. Atau bisa menggunakan pintas (shortcut) Ctrl + E di keyboard. Kemudian pilih opsi "Explain with Copilot".

Nantinya, pengguna akan melihat jendela asisten AI Copilot terbuka di sisi kanan layar. Pengguna harus klik "send/kirim" konten yang di-highlight di Notepad ke Copilot. Copilot pun kemudian akan memberikan jawaban.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat