cpu-data.info

OneDrive Kini Bisa Diakses "Offline" via Browser Internet

Ilustrasi layanan penyimpanan awan (cloud storage) milik Microsoft, OneDrive.
Lihat Foto

- Layanan media penyimpanan cloud storage Microsoft, OneDrive kini bisa diakses via peramban web (browser), seperti Microsoft Edge hingga Google Chrome, meski pengguna tak memiliki koneksi internet (offline).

Hal ini diumumkan Microsoft dalam sebuah pengumuman di blog resmi mereka. Microsoft menamai fitur ini dengan Offline Mode.

Dengan fitur tersebut, pengguna bisa mengakses beragam file dan folder di OneDrive, seperti "Home", "My Files", "Shared", "Favorites", "People", dan lain sebagainya melalui web browser meski tak ada koneksi internet.

Baca juga: Microsoft Diam-diam Setop Paket Unlimited OneDrive

Pengguna juga bisa mengubah nama, memindahkan, mengakses file-file Microsoft Office, hingga melihat informasi detail tentang file dan folder tersebut, seperti berapa ukurannya, kapan folder tersebut dibuat atau dimodifikasi, dan lain sebagainya. 

Nantinya, modifikasi dan perubahan yang dilakukan pengguna ketika berada di Offline Mode akan diterapkan ke sistem OneDrive ketika pengguna mendapatkan koneksi internet alias kembali online.

Ilustrasi pemakaian Offline Mode di OneDrive melalui peramban alias browser internet.Microsoft Ilustrasi pemakaian Offline Mode di OneDrive melalui peramban alias browser internet.

Nah, menurut Microsoft, fitur cloud storage yang bisa dinikmati secara offline ini bisa berfungsi lantaran OneDrive akan menyimpan file-file yang ada di dalamnya ke media penyimpanan sementara yang ada di perangkat (local cache).

Pemakaian local cache di komputer pengguna ini dimungkinkan berkat aplikasi OneDrive yang terpasang di PC. Nantinya, aplikasi ini akan memicu menu pengaturan Offline Mode untuk pertama kalinya ketika pengguna mengakses OneDrive melalui browser internet.

Dengan kata lain, pengguna harus memasang aplikasi OneDrive di komputer atau PC mereka. Sebab, file-file yang ada di internet nantinya disimpan sementara di PC pengguna lewat aplikasi OneDrive, sehingga bisa diakses secara offline via peramban internet.

Baca juga: Dropbox Setop Paket Unlimited gara-gara Penambang Kripto

Tertarik menjajal fitur Offline Mode di OneDrive? Fitur ini masih digelontorkan secara bertahap kepada para pengguna OneDrive Work dan School secara global, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phandroid.com, Sabtu (4/5/2024).

Sehingga, ada kemungkinan sebagian pengguna belum bisa menikmati fitur tersebut untuk saat ini. Apabila pengguna belum kebagian, mereka otomatis harus bersabar hingga nanti mendapatkan fitur Offline Mode dalam beberapa waktu ke depan. 

Informasi selengkapnya mengenai Offline Mode di OneDrive, begitu juga cara menggunakan dan mengatur fitur ini apabila sudah tersedia secara luas nantinya, bisa dilihat dalam tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat