cpu-data.info

3 Cara Mengecas iPhone yang Benar, Imbauan Langsung dari Apple

Bolehkan mengecas iPhone menggunakan adaptor MacBook?
Lihat Foto

- Baru-baru ini, Apple merilis panduan cara mengecas iPhone yang benar di situs resmi mereka. Panduan berjudul "Important Safety Information for iPhone" (Informasi Keselamatan Penting untuk iPhone) itu memuat beberapa tips saat pengisian daya, agar ponsel tidak rentan rusak.

Selain itu, panduan tersebut juga mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, seperti munculnya percikan api yang bisa menyebabkan kebakaran, korsleting listrik, dan cedera bagi pengguna.

"Mengabaikan peringatan panduan keselamatan ini dapat menimbulkan api, sengatan listrik, cedera, ataupun merusak iPhone dan properti lainnya. Baca seluruh panduan informasi keselamatan berikut ini sebelum menggunakan iPhone,” tulis Apple.

Berikut tiga tips cara mengecas iPhone yang benar menurut Apple.

Baca juga: Komparasi: Spesifikasi iPhone 14 Vs iPhone 15

1. Jangan letakkan iPhone di bawah bantal atau selimut

Ilustrasi charging iPhone di atas kasurNYTSTND Ilustrasi charging iPhone di atas kasur

Cara mengecas iPhone yang benar pertama adalah hindari meletakkan ponsel di bawah bantal atau selimut ketika sedang diisi daya, baik menggunakan kabel maupun secara nirkabel (wireless).

“Hal ini penting untuk mempertahankan iPhone, kabel pengisi daya, dan power adapter, ataupun pengisi daya nirkabel berada di area yang berventilasi baik, saat digunakan ataupun sedang mengisi daya,” ujar Apple.

Apple mengatakan, meletakkan iPhone di bawah bantal, selimut, kasur, atau benda lainnya saat sedang diisi daya bisa berakibat fatal.

Sebab, ketika meletakkan iPhone di tempat yang sempit, tidak ada sirkulasi udara untuk mengedarkan panas. Walhasil, perangkat berisiko overheat alias cepat panas.

Ketika iPhone yang sedang dicas diletakkan di atas kasur atau bantal dalam waktu yang cukup lama, hal tersebut kemungkinan membuat perangkat gagal menghantarkan panas. Faktor tersebutlah yang membuat iPhone lebih mudah overheat.

Apabila hal tersebut terjadi, bukan hanya kualitas hardware iPhone yang menurun, tetapi juga menimbulkan rasa tidak nyaman ketika digenggam telapak tangan atau tersentuh bagian tubuh lain lantaran panas yang ditimbulkan.

Baca juga: Cara Mengatur Durasi Layar dan Aplikasi di iPhone

2. Jangan tidur berdekatan dengan iPhone yang sedang dicas

Ilustrasi tidur di samping ponsel/handphone, Ilustrasi mengisi daya ponsel di meja samping tempat tidur. Shutterstock/Monkey Business Images Ilustrasi tidur di samping ponsel/handphone, Ilustrasi mengisi daya ponsel di meja samping tempat tidur.

Apple juga mengimbau pengguna iPhone agar tidak tidur berdekatan dengan ponsel yang sedang diisi daya. Apalagi ketika iPhone tersebut dibawa tidur dan bersentuhan dengan tubuh dalam jangka waktu yang lama.

Menurut Apple, kebiasaan ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman hingga kejadian yang tidak diinginkan. Maka dari itu, sebisa mungkin jauhkan posisi iPhone yang sedang diisi daya dengan penguna ketika terlelap, jangan sampai terlalu dekat, apalagi bersentuhan.

3. Pakai charger resmi

Ilustrasi kabel charger iPhoneThe Wall Street Journal Ilustrasi kabel charger iPhone

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat