cpu-data.info

Fitur Baru WhatsApp, Cari "Channel" Spesifik Kini Lebih Mudah

Ilustrasi fitur Category di WhatsApp Channel.
Lihat Foto

- Fitur saluran alias Channel di WhatsApp kini punya fitur baru. Kini, pengguna bisa mencari berbagai Channel di platform perpesanan (messaging) tersebut dengan lebih mudah lewat topik atau kategori yang diinginkan. 

Sebelumnya, untuk menemukan atau bergabung dengan sebuah Channel di WhatsApp, pengguna harus mengetahui tautan (link) dair Channel tersebut, atau mencarinya secara manual menggunakan fitur Search.

Nah, fitur pencarian Channel via kategori ini bisa ditemui ketika pengguna memakai fitur Search di WhatsApp Channel. Nantinya, pengguna akan bisa melihat beberapa kategori populer yang ada di WhatsApp Channel, tepat di bawah tampilan kotak pencarian.

Baca juga: Cara Login WhatsApp Web dengan Nomor HP, Mudah dan Praktis

Kategori-kategori tersebut, yang meliputi "Entertainment", "Sports", "News & Information", dan lain-lain bisa diklik untuk menampilkan Channel yang masuk ke dalam kategori atau topik yang sedang dicari, seperti tampak pada gambar di bawah. 

Ketika mengeklik kategori "Sports", misalnya, pengguna bisa melihat daftar Channel yang akan memberikan informasi seputar olahraga, seperti Channel dari sebuah klub sepakbola, situs web berita seputar olahraga, dan lain sebagainya.

Fitur baru WhatsApp Channel yang bisa permudah mencari Channel perusahaan atau orang lain./BILL CLINTEN Fitur baru WhatsApp Channel yang bisa permudah mencari Channel perusahaan atau orang lain.

Lalu apabila mengeklik "People", pengguna akan disuguhkan dengan sejumlah sosok atau pesohor yang populer di WhatsApp. 

Untuk mengikuti suatu Channel, pengguna lantas bisa mengeklik tombol "Follow". Jika ingin melihat isi Channel terlebih dahulu, maka mereka bisa mengeklik nama atau foto profil Channel tersebut tanpa mengeklik tombol "Follow". 

Selain mencari WhatsApp Channel berdasarkan kategori atau topik, pengguna juga bisa mencari saluran WhatsApp berdasarkan negara.

Baca juga: Cara Mengatasi Akun Tidak Diizinkan Menggunakan WhatsApp, Jangan Panik

Fitur ini bisa ditemui dengan mengeklik ikon "tiga garis" yang terletak di pojok kanan atas. Ikon ini bisa ditemui ketika pengguna mengeklik menu "Explore" WhatsApp Channel di tab "Updates".

Pantauan KompasTekno, Sabtu (21/9/2024), fitur pencarian Channel berdasarkan kategori dan negara ini sudah bisa dijajal di WhatsApp Indonesia versi 2.24.18.80. 

Apabila pengguna belum mendapatkan fitur ini namun sudah memiliki WhatsApp dengan versi tersebut atau lebih baru, maka mereka agaknya harus bersabar sedikit. Sebab, fitur baru WhatsApp biasanya memang disebar secara bertahap dalam beberapa waktu ke depan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat