cpu-data.info

Kompetisi Microsoft Excel Digelar di Indonesia untuk Pertama Kalinya, Final di Las Vegas

Ilustrasi Microsoft Excel World Championship edisi 2023. Kini, kompetisi tersebut bakal digelar di Indonesia. Pemenangnya bakal dikirim ke turnamen berskala dunia di Las Vegas, Amerika Serikat.
Lihat Foto

- Kompetisi e-sports Microsoft Excel World Championship (MEWC) akan digelar di Indonesia untuk pertama kalinya pada 5 Oktober 2024.

Turnamen ini hadir sebagai bentuk kolaborasi antara perusahaan pengelola aset Pos Properti, dan organisasi yang menyelenggarakan kompetisi berbasis Microsoft Excel, Financial Modelling World Cup (FMWC).

Adapun turnamen ini menggunakan Microsoft Excel, yakni software di PC dan mobile yang memungkinkan pengguna mengolah dan menghitung data yang bersifat numerik (angka).

Nantinya, para kompetitor akan memecahkan berbagai masalah dengan menggunakan rumus-rumus Microsoft Excel, seperti SUM, AVERAGE, dan VLOOKUP. Jika merujuk pada turnamen sebelumnya, kompetitor bakal menggunakan Microsoft Excel di komputer.

Alur turnamen ini dimulai dari pendaftaran yang dibuka dari Agustus hingga 4 Oktober 2024. Pengguna bisa mendaftarkan diri dalam tiga kategori yang tersedia, yaitu Rookie, Professional, dan BUMN.

Rookie adalah kategori untuk mahasiswa dari semua program akademik dan universitas, termasuk sarjana, magister, dan doktor. Sementara itu, Professional adalah kategori untuk para profesional yang menggunakan Excel dalam kesehariannya.

BUMN seperti namanya merupakan kategori untuk perwakilan dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia (BUMN).

Pengguna bisa mendaftarkan diri lewat tautan berikut ini. Perlu dicatat, kompetitor di kategori Rookie mesti membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 80.000, sedangkan biaya pendaftaran kategori Professional adalah Rp 160.000, dan BUMN Rp 5 juta.

Syarat lainnya, MEWC Indonesia dibuka untuk semua penduduk atau warga negara Indonesia.

Baca juga: Bocah 17 Tahun Juarai Kompetisi Microsoft Excel Tingkat Dunia

Mulai Oktober

Turnamen Microsoft Excel ini akan dimulai dari satu babak kualifikasi untuk masing-masing kategori, tepatnya pada 5 Oktober 2024 pukul 14.00 WIB. Babak kualifikasi akan diadakan secara online.

Dari babak ini, akan diambil delapan kompetitor dari masing-masing kategori untuk berlaga di babak Semi Final.

Nantinya, ada dua finalis yang diambil dari kategori Rookie, tiga finalis dari kategori Professional, dan tiga finalis dari kategori BUMN. Kedelapan pemain ini akan bertemu di babak Grand Final.

Baik babak Semi Final maupun Grand Final digelar secara offline di Point Arena, Jakarta. Kedua babak klimaks ini sama-sama dihelat pada 13 Oktober 2024.

Satu pemenang babak ini akan mendapatkan trofi Microsoft Excel World Championship, sertifikat, porsi terbesar dari prize pool Rp 15 juta, dan menjadi delegasi MEWC Indonesia untuk berlaga di Microsoft Excel World Championship 2024 Las Vegas Finals.

Kompetisi ini bakal digelar di Las Vegas, Amerika Serikat pada 2 Desember hingga 4 Desember 2024.

Baca juga: Indonesia Juara Piala Dunia Football Manager 2024

Di sini, perwakilan Indonesia bakal berlaga melawan perwakilan dari berbagai belahan dunia, sebagaimana dikutip KompasTekno dari posting FMWC Indonesia di Instagram, Rabu (18/9/2024).

Hadiah kompetisi ini disponsori oleh raksasa teknologi Microsoft, dengan prize pool senilai 37.500 dollar AS atau setara Rp 574,9 juta. Juara pertama kompetisi Microsoft Excel berskala dunia ini berhak mendapatkan 5.000 dollar AS atau sekitar Rp 76,6 juta.

Baca juga: Karier di E-sports Tak Sekadar Jadi Pro Player

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat