cpu-data.info

Indonesia Juara Piala Dunia "Football Manager 2024"

Ichsan Taufiq (kiri) dan Manar Hidayat (kanan) berhasil menjadi juara pertama untuk kompetisi skala dunia FIFA eWorld Cup 2024 featuring Football Manager 2024
Lihat Foto

- Tim Indonesia mencatat sejarah. Untuk pertama kalinya Indonesia menyabet gelar juara piala dunia kompetisi e-sports FIFA eWorld Cup 2024 untuk game Football Manager 2024, Minggu (1/9/2024).

Ini menjadi edisi pertama FIFA eWorld Cup 2024 yang menghadirkan game manajemen sepak bola Football Manager 2024.

Tim Indonesia yang diwakili oleh manajer Ichsan Taufik dan asisten manajer Budi Muhamad Manar Hidayat, mengalahkan tim Jerman, yang diwakili manajer Sven Goly dan asisten manajer Tery Whennett di partai final dengan skor agregat 8-2.

Ichsan dan Budi mendulang skor 3-0 pada leg pertama dan 5-2 pada leg kedua kompetisi yang dihelat di Liverpool, Inggris ini.

Susunan pemain Ichsan dan Budi di game tersebut meliputi Niclas Füllkrug, Lorenzo Insigne, Xavi Simons, Matteo Politano, Nicholas Seiwald, Andre-Franck Zambo Anguissa, Alex Grimaldo, Jonathan Clauss, Presnel Kimpembe, Niklas Süle, serta Koen Casteels.

Baca juga: Football Manager 2024 Resmi Dirilis, Wajib Langganan Netflix untuk Main di iOS dan Android

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Timnas Indonesia (@timnasindonesia)

Dengan kemenangan ini, perwakilan Tanah Air tidak hanya menyabet titel kampiun FIFA eWorld Cup 2024 featuring Football Manager 2024, tetapi juga porsi hadiah terbesar dari total prize pool 100.000 dollar AS (setara Rp 1,5 miliar).

Kendati demikian tidak disebutkan berapa tepatnya hadiah yang diperoleh tim Indonesia.

Memertahankan momentum

Tim Indonesia memang bisa mempertahankan momentum sejak babak awal kompetisi.

Pada babak grup (Group Stage), Indonesia tergabung dalam grup C: Sporting. Dalam babak ini, setiap tim dalam grup tersebut mesti bermain Football Manager 2024, dengan tim Sporting Clube de Portugal (Sporting CP) dari Portugal.

Sebagai perbandingan, tim A bermain sebagai tim Yokohama F. Marinos dari Jepang, tim B bermain sebagai Brighton & Hove Albion Football Club dari Inggris, dan tim D bermain sebagai Dinamo Zagreb dari Kroasia.

Mereka akan bermain tiga musim di Football Manager 2024 dan berusaha meraih poin tertinggi.

Di sini, Ichsan dan Budi memuncaki klasemen grup C dengan total skor 364, lebih besar 21 poin dibandingkan runner-up alias juara kedua grup itu, tim Polandia.

Alhasil, tim Indonesia melaju ke babak selanjutnya yaitu Knockout Stage. Babak ini dimainkan dalam mode Fantasy Draft, yang mengharuskan pemain menyusun tim dengan bujet yang sudah ditentukan.

Duo Ichsan dan Budi pun menaklukkan tim Inggris yang diwakili manajer Arron Falloon dan wakil manajer Matt Mullen, dengan skor 2-2 di leg pertama dan skor 3-1 di leg kedua.

Tim Indonesia masuk ke babak final dan pada akhirnya menundukkan tim Jerman, sebagaimana dikutip KompasTekno dari situs resmi FIFA, Senin (2/9/2024).

Baca juga: Game Total Football Rilis di Android dan iOS, Pesaing FIFA Mobile dan PES Mobile

Permainan strategi

Untuk diketahui, Football Manager adalah game simulasi manajemen sepak bola yang dikembangkan oleh developer Sports Interactive dan diterbitkan oleh Sega.

Pemain berperan sebagai manajer klub sepak bola, yang akan mengatur posisi pesepak bola dalam lapangan, menguasai bursa transfer atlet, serta melatih para atlet tersebut menjadi pesepak bola kelas dunia.

Jadi, permainan ini cukup berbeda dari game EA Sports FC 24 yang memungkinkan gamer berperan pesepak bola. Game ini lebih memfokuskan strategi jangka panjang ketimbang aksi di lapangan sepak bola.

Alih-alih menjadi Erling Haaland atau Lionel Messi, pemain seolah-olah menjadi Pep Guardiola atau Arsène Wenger.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat