cpu-data.info

Tablet Samsung Galaxy Tab S10 Plus Belum Resmi "Terendus" di Indonesia

Tampilan layar depan Galaxy S9 Plus yang berukuran lebih kecil dari Galaxy Tab S9 Ultra, yakni seluas 12,4 inci
Lihat Foto

- Samsung belum merilis tablet kelas atas (flagship) terbarunya yang konon akan bernama Galaxy Tab S10. Meski belum diperkenalkan, tablet teranyar ini terendus sudah siap masuk pasar Indonesia.

Tablet Samsung dengan nomor model "SM-X820" ini sudah mendapatkan sertifikat izin edar Perangkat Pos dan Telekomunikasi (Postel) dari SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Sertifikat dengan nomor 103122/SDPPI/2024 itu didapatkan Samsung per tanggal 5 September 2024, alias hari ini. Keterangan dalam sertifikat tersebut juga mengungkap nama perangkat ini adalah "Galaxy Tab S10 Plus WiFi".

Dengan demikian, ini merupakan suksesor dari Galaxy Tab S9 Plus yang diperkenalkan di Indonesia pada Agustus 2023 lalu, namun dengan konektivitas WiFi.

Tidak disebutkan apakah tablet anyar Samsung ini akan memiliki konektivitas atau varian 5G seperti pendahulunya atau tidak. 

Baca juga: Samsung Perkenalkan Galaxy Book 5 Pro 360, Laptop Convertible dengan AI

Tablet Samsung Galaxy Tab S10 Plus WiFi yang sudah muncul di laman Postel SDPPI Kominfo./BILL CLINTEN Tablet Samsung Galaxy Tab S10 Plus WiFi yang sudah muncul di laman Postel SDPPI Kominfo.

Jika mengacu pada laman TKDN Kemenperin, Samsung saat ini tak memiliki sertifikat TKDN untuk tablet dengan model SM-X820. Dengan kata lain, ada kemungkinan tablet ini memang mendukung konektivitas WiFi saja. 

Pantauan KompasTekno pada Jumat (6/9/2024) siang, hanya satu model Galaxy Tab S10 Series saja yang saat ini terdaftar di laman Postel SDPPI Kominfo, yaitu Galaxy Tab S10 Plus WiFi.

Ada kemungkinan Samsung akan mendaftarkan model Galaxy Tab S10 Series lainnya dalam beberapa waktu ke depan, apabila model selain Galaxy Tab S10 Plus WiFi tersebut memang akan dipasarkan di Tanah Air.

Bocoran spesifikasi Galaxy Tab S10 Series

Seperti diketahui, Samsung saat ini belum meluncurkan Galaxy Tab S10 Series di pasar manapun. Namun, bocoran mengenai desain dan spesifikasi inti tablet tersebut sudah menyeruak di internet.

Kabarnya, hanya ada dua model Galaxy Tab S10 Series yang akan diluncurkan ke publik, yaitu Galaxy Tab S10 Plus dan Tab S10 Ultra. Artinya, kemungkinan tidak ada Galaxy Tab S10 "reguler" seperti Galaxy Tab S9 tahun lalu. 

Secara desain, Galaxy Tab S10 Plus dan Tab S10 Ultra konon akan memiliki desain serupa Galaxy Tab S9 Plus dan Tab S9 Ultra. Artinya, kedua tablet ini masing-masing mungkin akan memiliki layar Dynamic AMOLED 2X berukuran 12,4 inci dan 14,6 inci. 

Baca juga: Samsung Rilis Galaxy Quantum 5, HP dengan Chip Keamanan Khusus

Pada aspek performa, kedua tablet Samsung ini disinyalir akan ditenagai dengan chipset Mediatek Dimensity 9300 Plus. Artinya, tablet flagship Samsung kini beralih dari chipset bikinan Qualcomm atau Samsung (Exynos), dirangkum KompasTekno dari Phonearena, Minggu (8/9/2024).

Performa kedua tablet ini kabarnya akan didukung dengan RAM 12 GB dan baterai besar yang setidaknya memiliki kapasitas 10.000 mAh.

Lantas, kapan tablet ini akan tersedia? Menurut rumor yang berseliweran, Galaxy Tab S10 Plus dan Tab S10 Ultra sudah diproduksi massal sejak Agustus kemarin, dan diperkirakan meluncur pada Oktober mendatang.

Harga tablet tersebut kemungkinan tak jauh berbeda dari Galaxy Tab S9 Series atau berkisar di angka 1.000 dolar AS (sekitar Rp 15,4 juta).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat