cpu-data.info

Samsung Rilis Galaxy Quantum 5, HP dengan Chip Keamanan Khusus

Samsung merilis Galaxy Quantum 5 pada Minggu (1/9/2024). Ponsel ini dibekali dengan chip keamanan khusus.
Lihat Foto

- Samsung merilis smartphone terbarunya yakni Galaxy Quantum 5 pada Minggu (1/9/2024). Pada dasarnya, Samsung Galaxy Quantum 5 adalah Galaxy A55 yang dimodifikasi. Smartphone ini dibekali dengan chip khusus sehingga diklaim lebih aman.

Chip keamanan pada Galaxy Quantum 5 disebut Quantum Random Number Generator (QRNG). Chip ini menggunakan mekanika kuantum untuk menghasilkan angka secara acak yang dipakai dalam proses enkripsi dan dekripsi data sensitif seperti password atau data biometrik.

Chip tersebut dikembangkan secara independen oleh ID Quantique (IDQ). Mekanisme pengacakan angka pada chip ini dapat membatasi kemungkinan gangguan dari luar, yang rentan menyerang metode angka acak tradisional.

Suksesor dari Galaxy Quantum 4 ini dirilis Samsung bekerja sama dengan operator seluler Korea Selatan, SK Telecom. Oleh karena itu, smartphone ini hanya tersedia di pasar Korea Selatan saja, sebagaimana Quantum series lainnya.

"Galaxy Quantum 5 adalah seri Quantum terbaru, kini dengan performa premium dan fitur AI yang kian menyempurnakan smartphone," kata Yoo Chul-joon, Head of Smart Device CT, SK Telecom.

Baca juga: Samsung Galaxy A55 dan Galaxy A35 Varian Baru Resmi di Indonesia, Kini Didukung Galaxy AI

Selain chip keamanan ini, Galaxy Quantum 5 juga dibekali IP-rating IP67 dan speaker stereo. Selebihnya, spesifikasi Galaxy Quantum 5 sama dengan Galaxy A55, termasuk soal dukungan Galaxy AI.

Spesifikasi Samsung Galaxy Quantum 5

Samsung Galaxy Quantum 5, HP dengan chip keamanan khususSamsung Samsung Galaxy Quantum 5, HP dengan chip keamanan khusus

 

Samsung Galaxy Quantum 5 hadir dengan layar Super AMOLED 6,6 inci, resulosi Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, HDR10+ dan kaca pelindung Gorilla Glass Victus+.

Smartphone ini ditenagai System-on-chip (SoC) Exynos 1480, dipadukan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan 128 GB.

Pada aspek kamera, Samsung Galaxy Quantum 5 dibekali kamera utama 50 MP, ditemani kamera ultrawide 12 MP dan kamera makro 5 MP. Smartphone ini juga dilengkapi kamera depan 32 MP yang mampu merekam video berkualitas 4K di 30 fps.

Baca juga: 20 HP Samsung dengan Baterai Paling Awet

Samsung Galaxy Quantum 5 dilengkapi baterai berkapasitas 5.000 mAh. Pengisian ulangnya didukung fast charging 25 watt.

Smartphone ini berjalan dengan sistem operasi Android 14. Fitur lainnya yang hadir yaitu WiFi 6, jaringan 5G, Bluetooth 5.3, NFC serta USB-C.

Harga Galaxy Quantum 5 adalah 618.200 won atau setara sekitar Rp 7,1 juta. Smartphone ini tersedia dalam tiga opsi warna, yaitu Awesome Ice Blue, Awesome Lilac, dan Awesome Navy, dihimpun KompasTekno dari SamMobile, Senin (2/9/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat