cpu-data.info

Sudah Bisa Dibuka, Ini Link Pembelian E-meterai dan Cara Pasang di Dokumen CPNS 2024

Website meterai-elektronik.com untuk beli e-meterai CPNS 2024 sudah bisa dibuka lagi sejak Rabu malam (4/9/2024).
Lihat Foto

- Website meterai-elektronik.com untuk membeli e-meterai atau materai elektronik (bentuk baku: meterai elektronik) pada pendaftaran CPNS 2024, kini sudah bisa dibuka kembali. Website resmi dari Peruri itu sejak Selasa kemarin (3/9/2024) sempat eror.

Kala itu, website meterai-elektronik.com tidak bisa dibuka sama sekali. Berdasarkan pantauan kami, website meterai-elektronik.com berangsur pulih sejak Rabu malam (4/9/2024), sekitar pukul 21.30 WIB.

Baca juga: Cara Mengatasi Gagal Membubuhkan E-meterai karena meterai-elektronik.com Eror

Kemudian, pada Kamis dini hari (5/9/2024), sekitar pukul 03.00 WIB, pihak Peruri lewat postingan Story di akun Instagram resminya mengungkapkan pula jika website meterai-elektronik.com sudah bisa diakses kembali oleh pengguna.

Tampilan website meterai-elektronik.com yang bisa diakses kembali untuk membeli e-meterai, pada Rabu malam (4/9/2024), sekitar pukul  21.42 WIB./Zulfikar Hardiansyah Tampilan website meterai-elektronik.com yang bisa diakses kembali untuk membeli e-meterai, pada Rabu malam (4/9/2024), sekitar pukul 21.42 WIB.

Pengguna atau peserta CPNS 2024 sekarang dapat mengakses website meterai-elektronik.com lagi untuk membeli materai elektronik sebagai salah satu syarat wajib mendaftar CPNS 2024.

Sebagai informasi, pada pendaftaran CPNS 2024, tiap peserta wajib menggunakan materai elektronik di beberapa dokumen persyaratan, seperti surat lamaran, surat pernyataan, dan surat lainnya yang diminta tiap instansi.

Pembelian materai elektronik untuk digunakan di dokumen CPNS 2024 salah satunya bisa dilakukan melalui website meterai-elektronik.com dari Peruri yang kemarin sempat eror dan kini sudah bisa dibuka kembali.

Lantaran sudah bisa dibuka, adapun cara beli e-meterai di meterai-elektronik.com buat daftar CPNS 2024 adalah sebagai berikut.

Baca juga: 3 Cara Cek Keaslian E-meterai pada Dokumen CPNS 2024 dengan Mudah

Cara beli e-meterai di meterai-elektronik.com buat daftar CPNS 2024

  • Buka link pembelian e-meterai ini, #.
  • Kemudian, daftar akun dulu dengan klik opsi “Daftar Sekarang”. Masukkan data yang diminta untuk membuat akun seperti nama lengkap dan nomor HP. Kemudian, buat password akun dan konfirmasi password. Lalu, klik opsi “Lanjutkan” dan akun berhasil dibuat.
  • Jika telah memiliki akun, silakan login di meterai-elektronik.com.
  • Setelah itu, pilih menu “Beli e-meterai”.
  • Pilih jumlah keping e-meterai yang hendak dibeli.
  • Berikutnya, selesaikan pembayaran sesuai metode yang tersedia.
  • Jika pembayaran berhasil, e-meterai akan ditambahkan ke akun. Untuk memeriksa jumlah e-meterai yang dimiliki, klik menu “Kuota e-meterai” dan pilih opsi “Lihat kuota”.

Setelah melakukan pembelian di meterai-elektronik.com, peserta sekarang bisa mulai menggunakan e-meterai di dokumen CPNS 2024. Lantas, bagaimana cara menggunakan e-meterai pada dokumen pendaftaran CPNS 2024?

Cara membubuhkan e-meterai di dokumen CPNS 2024

Cara pasang e-meterai di dokumen CPNS 2024 itu cukup mudah. Pengguna tinggal mengunggah dokumen CPNS 2024 yang telah diisi dan ditandatangani ke website meterai-elektronik.com.

Kemudian, pengguna dapat memasang e-meterai ke dokumen itu dan mengunduhnya kembali. Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara menggunakan materai elektronik di dokumen CPNS 2024 adalah sebagai berikut:

  • Setelah memiliki e-meterai di website meterai-elektronik.com, silakan pilih menu “Pembubuhan” dan klik opsi “Pembubuhan dokumen”.
  • Setelah itu, klik opsi “Upload dokumen” dan unggah dokumen CPNS 2024 yang hendak dibubuhi e-meterai. Pastikan dokumen berformat PDF dan berukuran kurang dari 800 Kb.
  • Kemudian, bubuhkan e-meterai ke dokumen. Pastikan posisi e-meterai tidak menumpuk dengan tanda tangan atau objek lainnya.
  • Jika e-meterai telah dibubuhkan dengan benar, klik opsi “Lanjutkan”.
  • Selanjutnya, proses pemasangan e-meterai di dokumen akan berjalan. Jika sudah selesai, klik opsi “Download” buat mengunduh dokumen CPNS 2024 yang telah dibubuhi e-meterai.
  • Peserta dapat mengunggah dokumen yang telah dibubuhi e-meterai itu ke sscasn.bkn.go.id buat daftar CPNS 2024.

Itulah link pembelian e-meterai di meterai-elektronik.com dan cara pasangnya pada dokumen pendaftaran CPNS 2024. Website meterai-elektronik eror sejak Selasa lalu karena mengalami peningkatan traffic.

Setelah bisa diakses kembali pada Rabu malam, kami bisa login akun dan melakukan pembelian materai elektronik di meterai-elektronik.com. Selain itu, materai yang sudah dibeli juga dapat dibubuhkan pada dokumen.

Akan tetapi, pada Kamis dini hari, meski website meterai-elektronik.com bisa dibuka, kami kesulitan untuk login akun. Website tidak dapat dipakai login akun dan berujung menunjukkan pesan “Gagal: Internal server eror”.

Tampilan website meterai-elektronik.com yang tidak dapat dipakai buat login akun pada Kamis dini hari (5/9/2024), sekitar pukul 05.00 WIB./Zulfikar Hardiansyah Tampilan website meterai-elektronik.com yang tidak dapat dipakai buat login akun pada Kamis dini hari (5/9/2024), sekitar pukul 05.00 WIB.

Baca juga: Cara Menggunakan E-meterai pada Dokumen CPNS 2024 dan Ketentuannya

Jika kesulitan buat login akun juga di meterai-elektronik.com, peserta dapat membuat aduan melalui tautan ini #.

Selain meterai-elektronik.com, pembelian e-meterai sejatinya juga dapat dilakukan di platform reseller lain seperti website Skill Academy dan Posfin dari Kantor Pos Indonesia.

Akan tetapi, hingga Kamis (5/9/2024) pukul 05.00 WIB, dua website tersebut sama-sama menunjukkan status jika e-meterai tidak tersedia. Dengan demikian, pengguna belum bisa melakukan pembelian di website Skill Skill Academy ataupun Posfin.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link #. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat