cpu-data.info

Cara Menggunakan E-meterai pada Dokumen CPNS 2024 dan Ketentuannya

Cara menggunakan e-meterai pada dokumen CPNS 2024.
Lihat Foto

- Peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 perlu mengetahui beberapa prosedur melengkapi dokumen syarat pendaftaran. Salah satunya seperti cara menggunakan e-meterai pada dokumen CPNS 2024.

Cara membubuhkan e-meterai di dokumen CPNS 2024 ini bakal berguna untuk memperlancar proses pendaftaran. Sebagaimana yang cukup umum diketahui, pendaftaran CPNS 2024 telah dibuka sejak 20 Agustus dan bakal berakhir pada 6 September.

Baca juga: Cara Beli E-meterai dan Pasangnya dengan Mudah buat Daftar CPNS 2024

Dalam pendaftaran CPNS 2024, terdapat beberapa dokumen yang diwajibkan untuk dibubuhi e-meterai atau materai elektronik (bentuk baku: meterai elektronik), seperti dokumen surat lamaran, surat pernyataan 5 poin, dan surat pernyataan keabsahan dokumen.

Jika tak memasang materai elektronik di beberapa dokumen CPNS 2024 yang diwajibkan, peserta bisa tidak lolos seleksi administrasi. Untuk itu, peserta perlu mengetahui cara pasang e-meterai di dokumen CPNS 2024.

Lantas, bagaimana cara menggunakan e-meterai pada dokumen CPNS 2024? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara menggunakan e-meterai pada dokumen CPNS 2024.

Cara menggunakan e-meterai pada dokumen CPNS 2024

Cara pasang e-meterai pada dokumen CPNS 2024 itu pada dasarnya cukup mudah. Setidaknya, terdapat dua langkah yang perlu dilakukan agar bisa memasang materai elektronik di dokumen CPNS 2024.

Peserta, sebelum memulai pembubuhan, peserta harus memiliki e-meterai dulu dengan cara membelinya. Kedua, setelah memilikinya, peserta dapat mulai memasang materai elektronik di dokumen CPNS 2024.

Dua langkah itu dilakukan dalam satu platform sekaligus. Adapun penjelasan yang lebih detail mengenai dua langkah dalam cara menggunakan e-meterai pada dokumen CPNS 2024 itu adalah sebagai berikut.

Baca juga: 2 Cara Mengatasi Webcam.js Error di sscasn.bkn.go.id saat Swafoto Daftar CPNS 2024

Membeli e-meterai

Peserta bisa membeli e-meterai lewat berbagai marketplace yang menyediakan. Salah satunya yang resmi seperti website meterai-elektronik.com dari Peruri. Adapun cara beli e-meterai buat dokumen CPNS 2024 di meterai-elektronik.com adalah sebagai berikut:

  • Buka link pembelian e-meterai ini, #. 
  • Kemudian, daftar akun dulu dengan klik opsi “Daftar Sekarang”. Masukkan data yang diminta untuk membuat akun seperti nama lengkap dan nomor HP. Kemudian, buat password akun dan konfirmasi password. Lalu, klik opsi “Lanjutkan” dan akun berhasil dibuat.
  • Jika telah memiliki akun, silakan login di meterai-elektronik.com.
  • Setelah itu, pilih menu “Beli e-meterai”.
    Ilustrasi cara beli e-meterai buat daftar CPNS 2024 di meterai-elektronik.com.Peruri Ilustrasi cara beli e-meterai buat daftar CPNS 2024 di meterai-elektronik.com.
  • Pilih jumlah keping e-meterai yang hendak dibeli.
  • Berikutnya, selesaikan pembayaran sesuai metode yang tersedia.
  • Jika pembayaran berhasil, e-meterai akan ditambahkan ke akun. Untuk memeriksa jumlah e-meterai yang dimiliki, klik menu “Kuota e-meterai” dan pilih opsi “Lihat kuota”.

Membubuhkan e-meterai di dokumen CPNS 2024

Setelah melakukan pembelian, peserta bisa mulai menggunakan materai elektronik di dokumen CPNS 2024 lewat meterai-elektronik.com. Adapun cara membubuhkan e-meterai pada dokumen CPNS 2024 di meterai-elektronik.com adalah sebagai berikut:

  • Setelah memiliki e-meterai di website meterai-elektronik.com, silakan pilih menu “Pembubuhan” dan klik opsi “Pembubuhan dokumen”.
    Ilustrasi cara menggunakan e-meterai di dokumen CPNS 2024.Peruri Ilustrasi cara menggunakan e-meterai di dokumen CPNS 2024.
  • Setelah itu, klik opsi “Upload dokumen” dan unggah dokumen CPNS 2024 yang hendak dibubuhi e-meterai.
  • Kemudian, bubuhkan e-meterai ke dokumen. Pastikan posisi e-meterai tidak menumpuk dengan tanda tangan atau objek lainnya.
    Ilustrasi cara pasang e-meterai di dokumen CPNS 2024.Peruri Ilustrasi cara pasang e-meterai di dokumen CPNS 2024.
  • Jika e-meterai telah dibubuhkan dengan benar, klik opsi “Lanjutkan”.
  • Selanjutnya, proses pemasangan e-meterai di dokumen akan berjalan. Jika sudah selesai, klik opsi “Download” buat mengunduh dokumen CPNS 2024 yang telah dibubuhi e-meterai.
    Ilustrasi cara menggunakan e-meterai di dokumen CPNS 2024.Peruri Ilustrasi cara menggunakan e-meterai di dokumen CPNS 2024.
  • Peserta dapat mengunggah dokumen yang telah dibubuhi e-meterai itu ke sscasn.bkn.go.id buat daftar CPNS 2024.

Pemasangan e-meterai pada dokumen CPNS 2024 tidak boleh dilakukan secara sembarangan. E-meterai harus dipasang dengan benar. Sebelum mulai menggunakannya, peserta perlu memerhatikan ketentuan pasang e-meterai di bawah ini.

Ketentuan pasang e-meterai pada dokumen CPNS 2024

  • Pastikan dokumen berformat PDF.
  • Pastikan ukuran dokumen di bawah 800 KB sebelum dibubuhi e-meterai.
  • Letakkan e-meterai di sebelah tanda tangan, jangan menumpuk.
  • Jangan gunakan ponsel untuk proses pendaftaran atau pemasangan e-meterai.
  • Jangan mengubah format atau kompres dokumen yang telah dibubuhi e-meterai.

Cukup mudah bukan cara membubuhkan e-meterai pada dokumen CPNS 2024? Lewat cara di atas, pengguna tak perlu bingung ketika hendak memasang materai elektronik pada dokumen CPNS 2024.

Baca juga: Cara Mengatasi NIK dan KK Tidak Sesuai atau Tidak Ditemukan Saat Daftar CPNS 2024, Jangan Panik

Pengguna bisa memasang materai elektronik di dokumen CPNS 2024 dengan mudah dan sesuai ketentuan, sehingga dapat memenuhi syarat yang dibutuhkan untuk lolos seleksi administrasi.

Demikianlah penjelasan cara menggunakan e-meterai pada dokumen CPNS 2024 dan ketentuannya. Untuk informasi pendaftaran CPNS 2024 yang lebih lengkap, seperti jadwal, cek formasi, daftar seleksi, dan lainnya, silakan baca artikel ini.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link #. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat