cpu-data.info

Aplikasi Samsung Quick Share Diperbarui, Bisa Transfer File Dua Kali Lipat Lebih Besar

Ilustrasi Samsung Galaxy Tab A9 dengan fitur Quick Share
Lihat Foto

- Samsung memiliki fitur Quick Share yang mempermudah pengguna ponsel Galaxy untuk mengirim file/data berukuran besar tanpa ter-compress (resolusi turun).

Selama ini, pengguna hanya bisa mengirimkan data maksimal 5 GB per hari melalui Quick Share. Nah, kini, batas berbagi file Quick Share itu akhirnya digandakan menjadi maksimal 10 GB setiap harinya.

Pantauan KompasTekno, Rabu (7/8/2024), pengguna ponsel Galaxy, termasuk yang ada di Indonesia, sudah bisa mengunduh pembaruan fitur Quick Share dengan batasan 10 GB ini di toko aplikasi Galaxy Store.

Quick Share Samsung kini bisa berbagi file hingga 10 GB per hari./ Galuh Putri Riyanto Quick Share Samsung kini bisa berbagi file hingga 10 GB per hari.
Pengguna tinggal buka aplikasi Galaxy Store > "Menu" > "Updates" > Klik "Update" pada Quick Share.

Baca juga: Fitur Kecerdasan Buatan Galaxy AI Hadir di Ponsel Murah Samsung?

Di sana, pengguna akan melihat rincian catatan pembaruan fitur, sebagai berikut:

  • Peningkatan ukuran unggahan per file/hari saat berbagi kode QR, menyalin URL, dan berbagi ke kontak (dari 5GB menjadi 10GB).
  • Peningkatan identifikasi perangkat dengan menampilkan dua baris nama untuk perangkat terdekat.
  • Menampilkan total ukuran file yang akan diterima pada pop-up masuk.

Dengan pembaruan ini, pengguna bisa mengirim banyak foto, video berdurasi panjang, bahkan file berukuran besar hingga 10 GB per hari.

Fitur Quick Share di ponsel Samsung Galaxy bisa berbagi dengan opsi link atau QR code, sehingga pengguna Samsung bisa kirim file ke pengguna iPhone./ Galuh Putri Riyanto Fitur Quick Share di ponsel Samsung Galaxy bisa berbagi dengan opsi link atau QR code, sehingga pengguna Samsung bisa kirim file ke pengguna iPhone.
Fitur Quick Share ini mirip seperti fitur AirDrop pada iPhone dan perangkat bikinan Apple lainnya.

Quick Share membantu pengguna melakukan transfer file dengan cepat. Perangkat sedianya harus berdekatan satu sama lain dalam rentang jarak 5 meter, serta WiFi dan Bluetooth harus diaktifkan.

Yang menarik, Quick Share di ponsel Samsung Galaxy memiliki opsi berbagi dengan tautan (link), QRcode, dan berbagi ke kontak langsung.

Dengan kemampuan ini, pengguna ponsel Samsung Galaxy bisa berbagi file/foto/video/dokumen dengan ukuran HD ke ponsel lain (termasuk iPhone dan merek Android lain) bahkan ke PC sekalipun dimana saja dan kapan saja.

Pasalnya, pengguna ponsel Galaxy hanya perlu menyalin link (tautan) Quick Share dan membagikannya ke chat WhatsApp, misalnya. Sehingga, perangkat lain tidak perlu memiliki fitur Quick Share ini.

Tautan tersebut akan mengarahkan penerima ke Samsung Cloud untuk mengunduh file yang diterima. Akan tetapi, file hanya bisa diunduh maksimal 7 hari setelah diterima. Lebih dari itu, file akan kadaluwarsa dan tidak bisa di-download.

Quick Share ini dikembangkan Samsung dengan bekerja sama dengan Google. Jadi, sebenarnya Quick Share ini sudah terinstal secara bawaan (pra-instal) di seluruh perangkat Android 6 atau yang lebih baru.

Baca juga: Cabang Berlayar di Olimpiade Paris 2024 Disiarkan Pakai HP Samsung

Dengan catatan, opsi berbagi dengan link, QR code, dan kontak hanya tersedia pada ponsel Samsung Galaxy.

Pengguna juga bisa menikmati fitur Quick Share di desktop dan PC Windows yang menjalankan Windows 10 atau yang lebih baru baru dalam versi 64-bit.

Caranya, pengguna perlu men-download dan menginstal aplikasi Quick Share berikut ini. Selanjutnya, pengguna cukup memastikan WiFi dan Bluetooth diaktifkan di PC Windows untuk berbagi file dengan smartphone atau PC lainnya.

Tutorial cara pakai Quick Share di HP Samsung bisa dilihat melalui video di bawah ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat