cpu-data.info

Fitur Kecerdasan Buatan Galaxy AI Hadir di Ponsel Murah Samsung?

Ilustrasi Galaxy AI, serangkaian teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) bikinan Samsung untuk smartphone.
Lihat Foto

- Samsung disinyalir akan merilis fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) Galaxy AI untuk lini ponsel kelas menengah alias mid-range, Samsung Galaxy A series.

Fitur Galaxy AI sejauh ini baru hadir untuk ponsel flagship terbaru Samsung seri S, seperti Galaxy S23 dan S24 series.

Dua model Samsung A series yang konon akan kebagian Galaxy AI mencakup Samsung Galaxy A35 dan Samsung Galaxy A55.

Menurut media teknologi SamMobile yang mendapat informasi dari sumber dalam terpercaya, fitur tersebut akan tersedia melalui pembaruan antarmuka (UI) One UI 6.1.1, yang kemungkinan digelontorkan bulan Agustus ini atau September 2024.

Jika belum familier, Galaxy AI adalah kecerdasan buatan dalam perangkat (on-device) dan cloud, dengan beragam fungsi unik misalnya merangkum teks dan mengubah rekaman suara menjadi teks.

Sebelumnya, Galaxy AI diperkenalkan di trio smartphone flagship Samsung Galaxy S24. Kemudian fitur kecerdasan buatan tersebut dihadirkan di Samsung S23 series, Samsung Tab S9, serta paling baru ponsel lipat Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Samsung Galaxy Z Flip 6.

Kini, fitur tersebut dikabarkan hadir di ponsel yang lebih terjangkau, yakni Samsung A35 dan Samsung A55. Adapun Samsung A35 dijual di Indonesia dengan harga Rp 5 juta, sedangkan Samsung A55 ditawarkan seharga Rp 6 juta.

Baca juga: Samsung Ungkap Fitur Galaxy AI Favorit Orang Indonesia

Catatannya, tidak semua fitur Galaxy AI bakal diboyong ke Samsung A35 dan Samsung A55. Tidak diketahui pula apa saja fitur yang bisa digunakan di kedua ponsel kelas menengah tersebut.

Samsung Galaxy A35 5GSamsung Samsung Galaxy A35 5G
Diperkirakan Samsung akan memangkas sejumlah fungsi yang membutuhkan daya pemrosesan yang besar.

Sebagai contoh, ponsel paling murah yang saat dibekali fitur Galaxy AI adalah Samsung Galaxy S23 FE alias Fan Edition. Ponsel ini tidak dibekali fitur AI Instant Slow-Mo, yang memungkinkan setiap video di galeri ponsel diputar secara lambat (slow motion) ketika diketuk.

Padahal, fitur ini dapat digunakan di ponsel Samsung Galaxy S24 series.

Adapun Samsung Galaxy S24 versi Indonesia menggunakan chipset Exynos 2400, sedangkan versi Amerika Serikat menggunakan Snapdragon 8 Gen 3.

Di sisi lain, Samsung S23 FE versi Indonesia mengandalkan chip Exynos 2200, dan versi Amerika Serikat diotaki chip Snapdragon 8 Gen 1.

Kemudian, ponsel yang lebih "murah" Samsung A35 ditenagai chipset Exynos 1380, sedangkan Samsung A55 diotaki chip Exynos 1480. Tentunya chipset kedua ponsel mid-range ini dan Samsung S23 FE tidak bisa menyaingi performa Samsung S24 yang lebih mumpuni.

Samsung Galaxy A55 dan kotak kemasannyaoik Samsung Galaxy A55 dan kotak kemasannya
Kembali membahas bocoran tadi, tidak bisa dipastikan apakah fitur Galaxy AI bakal dirilis untuk ponsel A series lainnya atau tidak. Hal ini termasuk ponsel dengan chipset sama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat