cpu-data.info

Qualcomm Janjikan Harga PC Snapdragon X Bakal Lebih Murah

Ilustrasi chip Qualcomm Snapdragon X Plus
Lihat Foto

- Aneka laptop berbasis prosesor Qualcomm Snapdragon X Elite dan Plus serentak meluncur Juni lalu. Meskipun menawarkan berbagai kelebihan seperti kemampuan olah AI dan daya tahan baterai yang lama, produk-produk tersebut dihargai relatif mahal.

Laptop Snapdragon X paling murah, misalnya, adalah Surface Copilot+ PC yang dibanderol 999 dollar AS atau lebih dari 16 juta. CEO dan Presiden Qualcomm Cristiano Amon menjanjikan keadaan tersebut bakal berubah mulai tahun depan.

Dalam konferensi dengan investor untuk laporan keuangan Qualcomm periode kuartal-III 2024, pekan lalu, Amon mengatakan produk-produk laptop berbasis chip Snapdragon X akan dihargai lebih terjangkau.

Baca juga: Laptop Windows Pakai Chip Snapdragon X Mulai Dijual, Sekencang Apa?

"Menuju 2025, di samping model-model baru dari rekanan, roadmap produk seri (Snapdragon) X kami akan diperlebar ke kategori PC dengan harga ritel mencapai 700 dollar AS (Rp 11,3 juta) tanpa mengorbankan performa NPU," ujar Amon.

Kategori "PC" sendiri mencakup beberapa jenis produk, termasuk laptop, mini-PC, dan desktop. Sejauh ini masih belum ada komputer desktop yang ditenagai prosesor Snapdragon X.

Meskipun menjanjikan bahwa performa NPU (pengolah AI) tidak akan berkurang, belum tentu juga produk berharga lebih terjangkau itu nantinya akan menggunakan prosesor Snapdragon X yang sama dengan yang ada sekarang.

Qualcomm memiliki dua prosesor Snapdragon X, yakni Snapdragon X Elite dengan 12 inti CPU dan Snapdragon X Plus yang memiliki 10 inti CPU. Ada kemungkinan Qualcomm membuat varian lain untuk digunakan di laptop dengan banderol lebih murah.

Baca juga: Laptop Acer Swift 14 AI dengan Snapdragon X Segera Masuk Indonesia

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Videocardz, Senin (5/7/2024), beberapa rekanan Qualcomm sudah mendului pabrikan tersebut. Harga OmniBook X dari HP, misalnya, kini dipangkas hingga 300 dollar AS lebih rendah dibanding saat peluncuran.

Qualcomm juga mendapat persaingan di ranah AI PC dengan hadirnya prosesor AMD Ryzen AI 300 dan prosesor Intel Lunar Lake dari Intel yang dijadwalkan segera meluncur. Namun, laptop Snapdragon X masih memiliki keistimewaan berupa serfitikasi Copilot+ PC dari Microsoft.

Amon mengatakan bahwa lebih banyak produk PC berbasis prosesor Snapdragon bakal diumumkan pada pameran IFA 2024 di Berlin, Jerman, awal September mendatang."Kami berharap PC akan menjadi pendorong utama diversifikasi produk untuk perusahaan," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat