cpu-data.info

Game "Minecraft" Kolaborasi dengan "Tetris", Gamer Akan Lawan Monster Balok

Poster kolaborasi Minecraft dan Tetris
Lihat Foto

- Game sandbox Minecraft mengumumkan kolaborasi dengan game legendaris Tetris. Dalam kolaborasi ini, Minecraft meluncurkan konten tambahan (downloadable content/DLC) terbaru bertema Tetris.

Konten ini bisa dinikmati di Minecraft Bedrock Edition, yakni versi Minecraft dengan fitur multiplayer lintas platform (crossplatform), yang tersedia di PC, mobile, konsol PlayStation, Xbox, dan Nintendo Switch.

DLC Tetris tidak dirilis untuk Minecraft Java Edition, yakni versi Minecraft yang hanya dirilis di PC. Minecraft versi Java tidak menawarkan fitur crossplatform, tetapi dibekali banyak file modifikasi (mod) yang bisa diunduh gratis.

Downloadable content bertema Tetris ini memungkinkan pengguna untuk bermain Tetris di Minecraft. Artinya, gamer akan merangkai balok-balok dua dimensi bernama Tetriminos, agar tersusun rapi memenuhi ruang kosong yang tersedia.

Baca juga: Mojang Rilis Patch 1.21 Game Minecraft, Bawa Update Besar-besaran

DLC Tetris di MinecraftMinecraft DLC Tetris di Minecraft
Namun, di tengah permainan Tetris tersebut, sejumlah balok Tetriminos tersebut dicuri oleh musuh bernama Tetrimonster. Pengguna pun harus merebut kembali balok-balok yang telah dicuri tersebut.

Nah, balok-balok yang tersisa di permainan Tetris tadi, akan diubah menjadi ruang bawah tanah (dungeon) tiga dimensi. Gamer akan menjelajahi dungeon ini, mengerjakan berbagai puzzle, melawan musuh Tetrimonster, dan menumpaskan musuh bos.

Karena dungeon disesuaikan dari balok yang tersisa di permainan Tetris sebelumnya, artinya desain level, puzzle, musuh, dan bos bakal berbeda-beda di setiap sesi permainan. Jadi, DLC ini bakal terasa segar meskipun dimainkan berulang kali.

DLC Tetris di MinecraftMinecraft DLC Tetris di Minecraft
Lebih dari itu, DLC ini juga memungkinkan pengguna bermain Tetris versi orisinal di Minecraft, tanpa ada gameplay menelusuri dungeon yang sebelumnya sudah dijelaskan.

Ada berbagai mode Tetris yang bisa dicoba, seperti Marathon, Sprint, dan Ultra.

Semua mode Tetris ini bisa dimainkan dalam mode singleplayer dan multiplayer. Dengan begitu, pengguna bisa berbagi tugas ketika menelusuri dungeon Tetris yang luas, sebagaimana dikutip KompasTekno dari situs resmi Minecraft, Kamis (1/8/2024).

Konten tambahan Tetris ini sudah bisa dibeli di toko Minecraft Marketplace, dengan harga 1.510 Minecoins atau sekitar 9,99 dollar AS (Rp 162.403).

Minecoins sendiri adalah mata uang yang digunakan untuk membeli DLC, kostum (skin), dan konten lainnya di Minecraft Marketplace.

Baca juga: Minecraft Jadi Game Terlaris Sepanjang Masa, Terjual 300 Juta Kopi

Bukan yang pertama

Ini bukan menjadi DLC Tetris yang pertama di Minecraft. Sebelumnya, Minecraft sudah pernah berkolaborasi dengan Tetris pada Juni 2024 lalu.

DLC tersebut menghadirkan berbagai balok Tetriminos yang bisa dihancurkan untuk mendapatkan item Mino Shards. Mino Shards ini bisa digunakan untuk membuat (crafting) berbagai alat, misalnya palu Line Clear Hammer.

Palu ini digunakan untuk menghancurkan beberapa balok Iron Blocks dengan sekali pukulan. Ini berbeda dari alat Minecraft lainnya seperti Pickaxe dan Axe yang hanya bisa menghancurkan satu balok dengan sekali pukulan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat