cpu-data.info

OpenAI Rilis GPT-4o Versi Baru, Bisa Kasih Respons Lebih Panjang

Ilustrasi ChatGPT
Lihat Foto

- Induk chatbot ChatGPT, OpenAI meluncurkan model bahasa besar (Large Language Model/LLM) versi baru, yaitu GPT-4o Long Output. LLM tersebut diumumkan lewat situs resmi OpenAI pada Senin (29/7/2024).

GPT-4o Long Output merupakan versi baru dari LLM GPT-4o yang dirilis pada Mei 2024 lalu. Sebagai versi baru, OpenAI meningkatkan jumlah output token yang bisa dihasilkan oleh GPT-4o Long Output, yaitu sebanyak 64.000 token.

Token merupakan satuan untuk menghitung jumlah karakter atau kata yang diproses atau dihasilkan model AI. Satu token bisa berarti satu karakter atau satu kata dalam sebuah kalimat, tergantung dengan hitungan sistem yang kompleks.

Baca juga: OpenAI Rilis GPT-4o Mini, Model AI Ringan, Pintar, dengan Harga Murah

Jumlah dukungan token GPT-4o Long Output sendiri naik 16 kali lipat dibanding GPT-4o dengan dukungan output 4.000 token. Artinya, GPT-4o Long Output bisa memberikan jawaban yang lebih panjang dari GPT-4o.

Dukungan token yang lebih banyak juga memungkinkan pengguna maupun pengembang yang memanfaatkan LLM ini, mendapat respons yang lebih panjang dan komprehensif, misalnya untuk mengedit kode program dan lain sebagainya.

OpenAI tak merinci alasan di balik hadirnya GPT-4o Long Output di situs resminya. Namun menurut penjelasan juru bicara OpenAI, LLM versi baru itu hadir berkat masukan dari pelanggan.

Ilustrasi GPT-4o Long OutputOpenAI Ilustrasi GPT-4o Long Output

"Mereka menginginkan konteks output yang lebih panjang. Kami selalu menguji cara baru agar kami dapat melayani kebutuhan pelanggan dengan baik," kata juru bicara OpenAI, dikutip KompasTekno dari Venturebeat, Kamis (1/8/2024).

Baca juga: Pakar: AI Tidak Gantikan Manusia, tapi Orang yang Tak Bisa Pakai AI Akan Terganti

Terlepas dari perbedaan jumlah token output-nya, jendela konteks (context window) yang bisa diproses GPT-4o Long Output sama seperti GPT-4o, yaitu maksimum 128.000 token. Context window adalah jumlah token yang bisa diproses model AI dalam satu interaksi, mencakup token input dan output-nya.

Jadi pengguna bisa memberikan perintah teks dan mendapat jawaban, sampai 128.000 token bila digabungkan. Akan tetapi respons yang didapat pengguna GPT-4o Long Output bisa lebih panjang dari pengguna GPT-4o, karena dukungan token output-nya sampai 64.000, tidak mentok di 4.000 token.

Adapun untuk saat ini, GPT-4o Long Output baru tersedia dalam versi Alpha, secara terbatas untuk sekelompok pengguna. Periode pengujian ini disebut berlangsung selama beberapa pekan agar OpenAI bisa mengevaluasi seberapa efektif output ekstra dari GPT-4o Long Output untuk pengguna.

Hasil evaluasi itu nantinya menjadi bahan pertimbangan, apakah OpenAI akan memperluas ketersediaan GPT-4o Long Output ke lebih banyak pengguna atau tidak.

Rilis GPT-4o gratis

Pada pertengahan Mei 2024 lalu, OpenAI resmi merilis model bahasa besar (large language model/LLM) alias model AI terbaru dan tercanggih (flagship) mereka, yaitu GPT-4o.

Sama seperti GPT-3.5 atau GPT-4 Turbo, GPT-4o bisa diakses secara gratis menggunakan chatbot populer ChatGPT. Hanya saja, GPT-4o diklaim dapat membuat interaksi pengguna dengan chatbot tersebut lebih "hidup".

Bisa dibilang demikian karena fitur respons suara di GPT-4o sebenarnya sudah ada di model-model AI bikinan OpenAI sebelumnya, namun kini diklaim akan lebih natural, ekspresif, dan lebih humanis, alias bisa memiliki intonasi dan emosi seperti manusia.

OpenAI mendemonstrasikan kemampuan GPT-4o dalam sebuah video yang diunggah di kanal YouTube mereka.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat