cpu-data.info

Fitur Circle to Search Akan Hadir di PC, Bisa "Googling" Tanpa Ngetik Kueri

Fitur Galaxy AI Circle to Search di ri Galaxy S24 series. Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan googling dengan menekan tombol beranda, dan melingkari objek visual yang ingin dicari.
Lihat Foto

- Google dilaporkan mulai memperluas kehadirkan fitur Circle to Search ke komputer/PC. Hal ini dilakukan lewat kehadiran tombol Google Lens di kolom URL (omnibox), disamping tombol bintang untuk bookmark di browser Chrome.

Circle to Search merupakan cara googling dengan Google Lens versi upgrade. Fitur ini bisa menemukan sesuatu dengan lebih mudah dan instan. Circle to Search awalnya debut di Samsung Galaxy S24 series pada pertengahan Januari lalu. Kemudian disebar ke sejumlah ponsel flagship Samsung Galaxy lain dan Google Pixel.

Dengan Circle to Search, pengguna bisa mencari konten visual apapun yang muncul di layar, baik dari foto/video di galeri ponsel, Instagram Stories, hingga video TikTok/YouTube/Shorts. Caranya, tinggal lingkari saja. Tidak perlu lagi mengambil tangkapan layar dan sebagainya.

Pengguna juga tak perlu repot memikirkan dan mengetik kueri atau keyword objek yang dicari.

Baca juga: Fitur Mirip Circle to Search Android Hadir di iPhone 15

Nah, proses "googling" dengan Google Lens versi upgrade ini akan dibawa ke Google Chrome versi desktop di PC. Pengguna nanti bisa mengaktifkan Circle to Search dengan mengeklik ikon Google Lens di kolom URL (omnibox), disamping tombol bintang untuk bookmark di browser Chrome.

Nantinya, akan muncul notifikasi “Select anything to search with Google Lens” dengan efek kilauan bintang seperti Circle to Search di HP Android.

Ilustrasi fitur Circle to Search di Google Chrome di PC.9to5Google Ilustrasi fitur Circle to Search di Google Chrome di PC.
Nah, kursor akan berubah menjadi garis bidik dengan kaca pembesar “Drag to search” yang juga menampilkan ikon Lens. Ketuk dua kali untuk memilih apa yang ingin dicari. Pengguna bisa menyesuaikan kotak pencarian setelahnya.

Nantinya, hasil pencarian akan muncul di panel kecil di samping layar. Pengguna bisa melihat informasi seputar nama, harga, tempat membeli, dan lainnya.

Dengan Circle to Search di Chrome, pengguna bisa melakukan pencarian apapun yang ada di layar dengan lebih seamless atau mulus, tak usah repot menyalin gambar, menyalin alamat situs web, apalagi mengambil tangkapan layar.

Circle to Search ini juga bakal berguna ketika ingin mencari sesuatu tapi tidak tahu kata kunci yang tepat untuk mencarinya.

Baca juga: Fitur Penerjemah Kalimat Instan Pakai Circle to Search Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

Misalnya, ketika melihat street food Korea yang menggiurkan, tapi tidak tahu namanya. Atau ketika melihat vas unik, tapi sulit mendeskripsikannya. Atau ketika ingin mengetahui merek sepatu/baju/aksesori) yang digunakan oleh boyband/girlband/selebriti favorit.

Menurut laporan 9to5Google, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (1/7/2024), fitur Circle to Search di Chrome desktop ini sedang diuji coba di ChromeOS 127 beta dan Chrome 128 beta.

Fitur ini sudah muncul di halaman "What's New in Chrome" milik Google, jadi mungkin akan segera dirilis versi stabil ke pengguna yang lebih luas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat