cpu-data.info

Fitur Baru Google Maps Bikin Lebih Gampang Cari Tempat Parkir di Gedung

Ilustrasi fitur lapor kecelakaan di Google Maps.
Lihat Foto

- Aplikasi navigasi bikinan Google, Maps, mendapat fitur baru. Kali ini, ada dua fitur yang bisa mempermudah navigasi pengguna saat berkendara. Kedua fitur tersebut yaitu Report dan Guidance. 

Seperti namanya, Report memungkinkan pengguna melaporkan beragam halangan yang menghambat perjalanan mereka. Beberapa di antaranya seperti kecelakaan, macet, ada kamera pemantau kecepatan, konstruksi, penutupan jalur, dan lain sebagainya. 

Sebelumnya, fitur Report sebenarnya sudah ada di Google Maps. Namun, fitur ini bisa dibilang "tersembunyi" dan agak sulit untuk diakses dengan cepat, lantaran hanya bisa ditemui ketika pengguna masuk ke daftar menu navigasi Maps.

Nah, untuk memberikan sebuah Report pada suatu jalanan, pengguna kini hanya perlu mengeklik ikon "segitiga kuning" yang terletak di pojok kanan bawah di tampilan navigasi Maps. Kemudian, mereka bisa memilih hambatan apa yang terjadi di titik tersebut. 

Baca juga: Apple Maps Versi Web Meluncur, Bisa Diakses Via Perangkat Non-Apple

Nantinya, pengguna yang memakai Maps di area yang sama, atau mereka yang tengah bernavigasi menggunakan kendaraan di jalur atau jalan yang sama, akan mendapatkan informasi di dalam peta bahwa ada hambatan atau halangan di jalan tersebut.

Sehingga, pengguna bisa memilih jalur alternatif lain supaya perjalanan menjadi lebih lancar. 

Ilustrasi panduan masuk ke gedung di Google Maps.Google Ilustrasi panduan masuk ke gedung di Google Maps.

Untuk fitur kedua yaitu Guidance, fitur ini memungkinkan pengguna dipandu masuk ke tempat destinasi mereka.

Dengan Guidance, pengguna juga bisa dibimbing untuk masuk ke dalam area parkir gedung yang mereka kunjungi, hingga melihat area parkir yang tersedia di sekitar gedung atau destinasi pengguna.

Artinya, pengguna tak akan kehilangan arah atau tak kebingungan mencari tempat parkir ketika mereka berkunjung ke sebuah tempat asing. 

Fitur Guidance sendiri nantinya akan muncul secara otomatis ketika pengguna sudah dekat atau mulai menghampiri tujuan alias destinasi mereka. 

Ketika sudah dekat, jendela pop-up akan muncul dan pengguna bisa mengeklik berbagai tombol, mulai dari "Walk" untuk dibimbing masuk dengan cara jalan kaki, "View" untuk melihat posisi pintu masuk kendaraan, hingga "Parking" untuk melihat area parkir kendaraan.

Baca juga: Google Maps Hapus Fitur Your Timeline di Web Browser

Nah, untuk ketersediaan, fitur Report dan Guidance di Google Maps sudah digelontorkan secara bertahap ke seluruh pengguna Google Maps secara global mulai pekan ini.

Untuk menikmati kedua fitur tersebut, pengguna dianjurkan untuk memperbarui (update) aplikasi Google Maps mereka ke versi terbaru.

Adapun kedua fitur di atas menyambangi aplikasi Google Maps Android dan iOS, mobil dengan sistem hiburan Google, serta Android Auto dan Apple CarPlay, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BlogGoogle, Kamis (1/8/2024).

Pengguna yang belum mendapatkan atau menemui kedua fitur ini agaknya harus bersabar sedikit. Sebab, fitur-fitur baru Google biasanya memang disebar secara perlahan ke sejumlah negara. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat