cpu-data.info

WhatsApp Siapkan Cara Baru Kirim Reaksi Emoji di Percakapan

WhatsApp
Lihat Foto

- WhastApp tengah mengembangkan cara baru menambahkan reaksi emoji (reaction) dari cara yang sudah ada sebelumnya. Mekanisme baru ini akan memudahkan pengguna menambahkan reaksi pada suatu chat di WhatsApp.

Nantinya, pengguna bakal bisa menambahkan reaksi ke percakapan, hanya dengan mengetuk teks terkait dua kali, alias double tap. Praktik ini sama seperti saat pengguna membubuhkan like di suatu konten yang dibagikan di Instagram.

Cara itu terbilang lebih sederhana dan lebih cepat ketimbang sebelumnya, di mana pengguna harus menekan agak lama (hold) suatu chat hingga beberapa emoji muncul.

Kemudian pengguna perlu memilih emoji yang diinginkan sebagai bentuk reaksi, hingga emoji terpilih ditampilkan di bawah chat.

Baca juga: Cara Balas WhatsApp Status dengan Reaksi Emoji

Meski mekanismenya lebih mudah, cara baru itu hanya akan menampilkan emoji hati saja. Berbeda dari cara lama yang memungkinkan pengguna memilih berbagai emoji yang ada di WhatsApp.

Jadi, bila ingin menambahkan reaksi dengan emoji selain hati, pengguna perlu kembali memakai cara yang lama.

Menurut WABetaInfo, situs yang kerap membagikan bocoran fitur baru WhatsApp, mekanisme baru reaksi emoji itu terlihat di pembaruan WhatsApp beta Android versi 2.24.16.7. Pembaruan ini tersedia di Google Play Store untuk pengguna WhatsApp beta.

Tampilan reaksi emoji yang ditambahkan dengan cara double tapWABetaInfo Tampilan reaksi emoji yang ditambahkan dengan cara double tap

Berdasarkan gambar yang dibagikan WABetaInfo, tampilan reaksi emoji yang dikirim pakai cara baru, sama persis dengan cara yang lama. Mereka menambahkan bahwa WhatsApp tidak menyediakan menu untuk menonaktifkan opsi itu, setidaknya sejauh ini.

Jadi, pengguna bisa saja secara tidak sengaja menekan chat WA dan membubuhkan emoji hati. Belum diketahui apakah WhatsApp akan menambahkan menu untuk menon-aktifkan opsi itu atau tidak ke depannya.

Adapun cara baru menambahkan emoji reaksi ini masih dalam pengembangkan WhatsApp dan akan tersedia lewat pembaruan selanjutnya, dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Rabu (31/7/2024).

Bisa cantumkan reaksi di pemutar media

Sebelumnya WhatsApp juga merilis cara baru untuk menambahkan emoji reaksi, khususnya untuk file media (foto/video/GIF). Lewat pembaruan WA beta Android versi 2.24.11.16 yang rilis Mei lalu, WhatsApp menghadirkan opsi khusus untuk menambahkan emoji reaksi di pemutar media.

Jadi, pengguna bisa dengan cepat menambahkan emoji reaksi, bahkan ketika media sedang diputar. Dengan begitu, pengguna tidak perlu bolak-balik ke laman obrolan untuk menambahkan emoji reaksi, seperti praktik sebelumnya.

WhatsApp menambahkan opsi reaksi emoji di pemutar mediaWABetaInfo WhatsApp menambahkan opsi reaksi emoji di pemutar media

Setelah merilis pembaruan WA beta Android versi 2.24.11.16, WhatsApp kemudian memperbarui tampilan antarmuka pemutar media menjadi lebih intuitif dan modern, lewat pembaruan versi 2.24.11.18.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat