cpu-data.info

Bocoran Benchmark Calon CPU Flagship Intel Arrow Lake, Sekencang Apa?

Ilustrasi prosesor Intel Core
Lihat Foto

- Intel sedang menyiapkan calon jajaran prosesor desktop generasi berikutnya yang berkode nama Arrow Lake. Raksasa chip tersebut disinyalir sedang menjalankan pengujian-pengujian sebelum maju ke tahap produksi.

Belakangan, muncul rumor yang diklaim memperlihatkan hasil pengujian untuk chip Arrow Lake versi Qualification Sample (QS). Versi QS biasanya dikirim sebelum produksi masal dan memiliki performa identik dengan versi final dari prosesor yang bersangkutan.

Tidak diketahui unit prosesor dalam bocoran merupakan QS dari Arrow Lake model apa. Namun, karena memiliki 24 core CPU dalam konfigurasi 8P+16E, kemungkinan yang dimaksud adalah model flagship Core Ultra 9 285K atau Core Ultra 9 275.

Baca juga: Intel Diam-diam Rilis Core i9-14901KE, CPU Flagship Tanpa E-core

Skor dalam bocoran hasil uji menggunakan software Cinebench R23 itu sendiri bisa dibilang tak terlalu menggembirakan.

Terlihat bahwa unit QS Arrow Lake memang memiiki kinerja lebih tinggi dari flagship generasi saat ini, Core i9-14900K (Raptor Lake), tapi selisihnya tipis dengan kisaran 4 persen.

Bocoran skor Cinebench R23 dari versi Qualification Sample prosesor Intel Arrow Lake (batang biru)X.com/ @harukaze5719 Bocoran skor Cinebench R23 dari versi Qualification Sample prosesor Intel Arrow Lake (batang biru)

Dalam grafik skor terdapat keterangan bahwa unit QS Arrow Lake diuji dengan setelan daya 250 watt, lebih kurang sebanding dengan setting TDP PL2 dari prosesor high end keluarga Raptor Lake yang sebesar 253 watt.

Dibandingkan dengan rivalnya, Ryzen 9 9950X (engineering sample) yang memiliki 16 core performance (P) dan 32 thread dari data pengujian lainnya, unit QS Arrow Lake lebih kencang sekitar 2 persen saat Ryzen disetel dengan daya 160 watt, tapi tertinggal 6,5 persen ketika lawannya itu diberi daya 230 watt.

Kinerja unit QS Arrow Lake dalam bocoran uji benchmark Cinebench R23 bisa dipandang mengecewakan, mengingat Arrow Lake mengusung arsitektur baru yang diproduksi dengan node Intel 20A, soket baru, berikut memori DDR5 yang lebih kencang.

Baca juga: Intel Jelaskan Penyebab Prosesor Gen 13 dan Gen 14 Tidak Stabil

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari ExtremeTech, Jumat (26/7/2024), ada beberapa kemungkinan di balik kinerja QS Arrow Lake hanya berselisih tipis dari Core i9-14900K yang sama-sama dibekali 24 core CPU dengan konfigurasi serupa.

Salah satunya, Arrow Lake tidak dibekali teknologi Hyper-Threading sehingga jumlah thread yang dimilikinya lebih sedikit dibandingkan Core i9-13900K/ 14900K.

Intel sendiri disnyalir akan mengumumkan jajaran prosesor Arrow Lake pada September mendatang, sementara rilisnya ke pasaran bakal dilakukan pada Oktober.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat