cpu-data.info

Smartphone HMD Crest dan Crest Max Resmi, Kamera Selfie 50 MP

Ilustrasi HMD Crest Series.
Lihat Foto

- Pemegang lisensi merek ponsel Nokia, Human Mobile Devices (HMD) resmi mengumumkan dua smartphone kelas menengah (mid-range) terbarunya di India, yaitu HMD Crest dan Crest Max. 

Dua perangkat yang tergabung dalam HMD Crest Series ini punya satu keunggulan yang sama, yaitu dibekali dengan kamera selfie 50 MP untuk berswafoto. Kamera ini ditempatkan di modul punch hole yang terletak di tengah atas layar.

Kamera selfie ini juga sudah mendukung fitur gestur. Artinga, pengguna bisa melakukan foto grup tanpa harus menekan tombol atau layar ponsel. Gestur yang didukung kamera selfie kedua ponsel ini meliputi gestur dua jari, jempol, hati, dan lain sebagainya. 

Baca juga: 7 Smartphone HMD Pertama Tanpa Merek Nokia

Selain kamera selfie, layar kedua ponsel ini sama persis, yaitu mengadopsi panel OLED berukuran 6,67 inci dengan resolusi Full HD Plus. Lantas, apa perbedaannya?

HMD Crest

HMD Crest.GSMArena HMD Crest.

HMD Crest hadir dengan dua kamera di bagian belakangnya, terdiri dari kamera utama 50 MP dan kamera depth sensor 2 MP. Kedua kamera ini dimuat bersama dengan LED flash dalam sebuah modul persegi. 

Pada aspek performa, ponsel ini ditenagai dengan chipset Unisoc T760 (2,2 GHz) yang dikombinasikan dengan RAM 6 GB dan media penyimpanan (storage) 128 GB. Apabila storage kurang, pengguna bisa menambahkan kartu microSD.

Untuk daya, HMD Crest ditopang dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang mendukung pengisian cepat hingga 33 watt. Pengisian baterai bisa dilakukan melalui konektor USB-C. HMD mengeklaim baterai ponsel ini memiliki ketahanan hingga 800 siklus pengisian. 

HMD Crest Max

HMD Crest Max.GSMArena HMD Crest Max.

Desain dan spesifikasi HMD Crest Max bisa dibilang serupa dengan HMD Crest. Hanya saja, ada sedikit perbedaan di konfigurasi kamera dan memori, dan perbedaan ini membuat HMD Crest Max memiliki spesifikasi lebih mumpuni dari HMD Crest. 

Kamera utama di HMD Crest Max ditingkatkan menjadi 64 MP. Selain itu, ponsel ini juga mendapatkan kamera belakang tambahan berupa kamera ultrawide, dan kamera depth sensor 2 MP di HMD Crest digantikan dengan kamera macro 2 MP.

Baca juga: Android HMD Skyline Meluncur, Mirip Nokia N9 dan Mudah Diperbaiki

Kemudian pada sektor memori, RAM HMD Crest Max juga ditingkatkan menjadi 8 GB. Selain itu, kapasitas storage juga meningkat dua kali lipat menjadi 256 GB.

Baik HMD Crest dan HMD Crest Max hadir dengan fitur pendukung lainnya, meliputi pemindai sidik jari yang diletakkan di tombol power, sistem operasi (OS) Android 14, audio jack 3.5 mm, 5G, serta tingkat ketahanan terhadap air dan debu dengan rating IP52.

Di pasar India, HMD Crest dijual dengan harga 14.500 rupee (sekitar Rp 2,8 juta), sedangkan HMD Crest Max harganya 16.500 rupee (sekitar Rp 3,2 juta), sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Jumat (26/7/2024).  

Belum ada informasi apakah kedua ponsel ini akan dijual di Indonesia atau tidak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat