cpu-data.info

Induk ChatGPT Umumkan SearchGPT, Mesin Pencari Berbasis AI Penantang Google

Ilustrasi SearchGPT
Lihat Foto

- OpenAI menantang Google dalam persaingan layanan mesin pencari. Induk chatbot ChatGPT ini memperkenalkan SearchGPT, layanan mesin pencari buatan yang berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

Sebagai pemain baru di layanan search engine, OpenAI memberikan nilai pembeda pada mesin pencari SearchGPT. Hasil penelusuran informasi di SearchGPT didesain agar membuat pengguna lebih paham dengan apa yang dicari. Hal ini berbeda dengan mesin pencari biasa yang hanya menampilkan daftar tautan.

Layaknya Google Search, SearchGPT dimulai dengan kotak teks disertai pertanyaan "Apa yang Anda cari?". Ukuran kotaknya terbilang lebih besar dari mesin pencarian Google.

Lewat situs resminya, OpenAI juga memamerkan contoh hasil penelusuran di SearchGPT.

Salah satunya ketika pengguna menelusuri tentang waktu yang pas untuk melihat Nudibranch di Half Moon Bay, AS. Nudibranch atau lebih dikenal Nudi, yaitu salah satu jenis siput laut yang tidak memiliki cangkang.

Baca juga: Petinggi Apple Masuk Jajaran Dewan di Perusahaan Pembuat ChatGPT

Kata kunci yang diiput dalam contoh ini juga spesifik menyertakan waktu "pekan ini". Kemudian SearchGPT menampilkan ringkasan tentang waktu yang ideal untuk pengguna melihat Nudi.

Ada dua waktu yang ditampilkan, masing-masing diawali pointer, sehingga lebih cepat dipahami pengguna.

Contoh hasil penelusuran SearchGPTOpenAI Contoh hasil penelusuran SearchGPT

Mesin pencarian OpenAI ini juga menyertakan titik lokasi yang relevan untuk dikunjungi.

Yang menarik, pengguna bisa mengajukan pertanyaan lanjutan seperti di ChatGPT. Masih soal Nudi tadi, pengguna kemudian bertanya "Apakah (Half Moon Bay) panas?". Lalu SearchGPT menampilkan daftar prakiraan cuaca di teluk California tersebut.

Berdasarkan contoh yang ditampilkan, terlihat masih ada kolom teks di bawah data prakiraan cuaca. Artinya, pengguna masih bisa mengajukan pertanyaan lanjutan untuk menelusuri hasil lebih lanjut, tetapi tetap relevan dengan topik utama.

Contoh lainnya yaitu ketika pengguna menelusur festival musik di Boone, North Carolina untuk bulan Agustus 2024. SearchGPT kemudian menampilkan hasil penelusuran secara real-time, termasuk tautan ke sumber informasi. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Contoh hasil penelusuran SearchGPTOpenAI Contoh hasil penelusuran SearchGPT

Untuk melengkapi SearchGPT, OpenAI menambahkan fitur "visual answer" yang akan menampilkan hasil penelusuran berupa video buatan Sora AI lewat YouTube.

Baca juga: Peringatan Whistleblower Edward Snowden: Jangan Percaya Perusahaan Pembuat ChatGPT

Masih prototipe

Meski sudah diumumkan, perlu dicatat bahwa SearchGPT saat ini masih berupa prototipe dan masih dikembangkan lebih lanjut oleh OpenAI.

Namun, menurut juru bicara OpenAI, 10.000 pengguna terpilih bisa menjajal kebolehan mesin pencarian tersebut, dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (26/7/2024).

Pihak OpenAI juga mengatakan di masa depan, layanan mesin pencari ini akan diintegrasikan dengan chatbot ChatGPT.

"Meskipun prototipe ini bersifat sementara, kami berencana untuk mengintegrasikan fitur-fitur terbaik ini langsung ke ChatGPT di masa mendatang," tulis pihak OpenAI.

Pantauan KompasTekno, pengguna bisa daftar lewat tautan berikut ini untuk ikut antre mencoba SearchGPT. Pengguna yang terpilih nantinya akan mendapat pemberitahuan lewat e-mail yang dipakai daftar tadi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat