cpu-data.info

Bos Samsung Sesumbar Bakal Bikin AI Phone yang Radikal

Ilustrasi Galaxy AI, serangkaian teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) bikinan Samsung untuk smartphone.
Lihat Foto

- Samsung memiliki sejumlah smartphone yang mendukung berbagai fitur kecerdasan buatan (AI) khas mereka, yaitu Galaxy AI.

Perangkat yang didukung Galaxy AI adalah smartphone kelas atas (flagship) yang dibekali dengan chipset mumpuni, seperti Galaxy S24 Series, Galaxy Z Fold 6, hingga Z Flip 6.

Di masa depan, Samsung berencana untuk membuat sebuah smartphone atau ponsel AI yang radikal, atau berbeda sepenuhnya dari ponsel Galaxy AI yang ada di pasaran saat ini.

Hal tersebut disampaikan TM Roh selaku President and Head of MX Business Samsung Electronics.

Baca juga: Inikah Bukti Samsung Galaxy S24 Bukan Smartphone, tapi AI Phone?

Berbicara kepada media internasional Australian Financial Review (AFR), ia menyebut mayoritas tim riset dan pengembangan Samsung saat ini sedang fokus membuat ponsel AI (AI Phone) yang jauh berbeda dengan ponsel Galaxy AI yang mereka punya.

TM Roh tak mengumbar secara detail bagaimana atau apa yang dimaksud ponsel AI yang berbeda dari Galaxy AI ini. 

TM Roh mengatakan Samsung punya misi mendemokratisasi AI ke lebih banyak pengguna./ Galuh Putri Riyanto TM Roh mengatakan Samsung punya misi mendemokratisasi AI ke lebih banyak pengguna.

Namun, ia menyebut bahwa perangkat itu nantinya akan memiliki komponen, chip, atau hardware yang berbeda dan lebih canggih dari smartphone yang ada sekarang.

Selain itu, ia juga mengumbar ponsel AI yang tengah dikembangkan nantinya akan lebih mudah untuk dibawa kemana-mana. 

Meski tidak banyak mengeluarkan informasi tentang ponsel AI di masa depan, pernyataan TM Roh ini menandakan bahwa Samsung akan terus fokus di ponsel AI di masa depan, tidak berhenti sampai di Galaxy AI saja. 

Baca juga: Melihat Ponsel AI Vivo V9 dari Berbagai Sisi

Dengan begitu, ada kemungkinan fitur Galaxy AI nantinya akan berjalan dan berfungsi bersamaan dengan ponsel AI terbaru dari Samsung.

Boleh jadi, fitur-fitur AI di ponsel Samsung nantinya akan ditingkatkan lagi dan mengandalkan komponen AI berbasis hardware, tidak hanya sekadar software seperti Galaxy AI, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Selasa (23/7/2024). 

Menyoal AI, fitur Galaxy AI di ponsel flagship Samsung bisa dibilang fokus untuk meningkatkan kualitas konten visual, sekaligus menggenjot produktivitas pengguna. 

Lewat Galaxy AI, pengguna bisa memanipulasi gambar dengan elemen visual buatan sendiri, mencari informasi dengan melingkari obyek, menerjemahkan bahasa asing secara otomatis, memantau kesehatan dan kualitas tidur, dan masih banyak lagi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat