cpu-data.info

Samsung Message Tak Lagi Hadir di Ponsel Galaxy, Ini Gantinya

Ilustrasi aplikasi perpesanan Samsung Messages.
Lihat Foto

- Samsung dilaporkan meninggalkan aplikasi pesan instan bikinannya, Samsung Messages, dan beralih ke Google Messages. Hal ini dilaporkan oleh pembocor gadget kenamaan Max Weinbach di X/Twitter.

Dalam sebuah posting, Weinbach melaporkan bahwa aplikasi Samsung Messages tidak lagi diinstal secara bawaan (pre-installed) mulai di ponsel lipat terbaru Samsung Galaxy Z Flip 6 dan Z Fold 6, dan seterusnya di model ponsel yang lebih baru.

Sebagai gantinya, Samsung menjadikan Google Messages sebagai aplikasi SMS pre-installed dan default di ponsel Galaxy.

Sebenarnya, Google Messages sudah menjadi opsi aplikasi SMS default di ponsel Galaxy sejak Samsung Galaxy S22 series yang dirilis pada 2022. Meski begitu, pengguna bisa mengubah opsi aplikasi SMS default ke aplikasi Samsung Messages yang sudah diinstal sebelumnya.

Baca juga: Google Message Kini Makin Mirip iMessage Apple

Namun, untuk semua ponsel baru, mulai Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6, pengguna tidak akan memiliki opsi ini kecuali menginstal sendiri aplikasi Samsung Messages secara manual di toko Galaxy Store.

Kebijakan ini setidaknya untuk produk yang dipasarkan di AS. Menurut laporan jurnalis yang fokus pada pemberitaan Android, Mishaal Rahman, aplikasi Samsung Messages masih akan diinstal secaraa bawaan di Kanada dan Eropa. 

Fitur RCS aktif secara default

Google Messages bisa diatur warna chat bubble, misalnya, menjadi biru miri iMessage iPhone.Google Google Messages bisa diatur warna chat bubble, misalnya, menjadi biru miri iMessage iPhone.
Salah satu keuntungan peralihan ini, pengguna akan memiliki opsi perpesanan RCS yang aktif secara deafult di Google Messages.

Baca juga: Apple Mengalah, Turuti Kemauan Google Adopsi RCS

Sesuai dengan namanya, standar perpesanan RCS alias Rich Communication Services memungkinkan pengguna bisa mengirim pesan/SMS dengan lebih kaya dan interaktif, seperti mengirim foto/video beresolusi tinggi, mengiirl link URL, reaksi emoji, dan lainnya.

Samsung Messages sebenarnya menawarkan dukungan RCS juga. Namun, ketersediaan fitur RCS di Samsung Messages tergantung dengan kebijakan operator yang digunakan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari AndroidAuthority, Rabu (24/7/2024).

Selain itu, Google Messages juga punya keunggulan seperti mendukung chat bubbles, memiliki folder spam khusus, penjadwalan pesan, smart reply dengan AI.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat