cpu-data.info

WhatsApp Siapkan Fitur Username untuk Web

Ilustrasi mengenal WA Web Plus.
Lihat Foto

- WhatsApp dikabarkan tengah menyiapkan fitur baru "username" untuk pengguna WhatsApp versi web.

Fitur login menggunakan username ini dibagikan oleh akun pembocor informasi seputar WhatsApp, WABetaInfo. Statusnya saat ini masih dalam pengembangan, dan akan tersedia dalam update di pengguna WhatsApp versi web di masa mendatang.

Dengan menggunakan username, maka ini akan menambah lapisan keamanan di platform WhatsApp, sebab pengguna tak perlu membagikan nomor ponsel (HP) mereka yang digunakan untuk membuat akun WhatsApp.

Rumor fitur username WhatsApp telah muncul sejak tahun lalu, namun kini WhatsApp nampaknya baru akan mengaplikasikannya untuk pengguna web, dan sudah siap untuk meluncurkan fitur ini, dengan antarmuka yang didesain ulang.

Baca juga: Kenapa Tidak Bisa Memindai Kode QR WhatsApp Web? Begini Penyebabnya

Perubahan baru ini sudah muncul pada WhatsApp versi pengujian tertentu untuk web, seperti tangkapan layar di bawah ini:

Fitur username di WhatsApp.WABetaInfo Fitur username di WhatsApp.

Nantinya, pengguna dapat memilih username pilihan mereka. Syaratnya adalah nama pengguna harus unik dan belum pernah digunakan oleh orang lain

Nama username WhatsApp tidak memerlukan tag atau pembeda apa pun, seperti akhiran empat digit angka pada Discord. Dengan demikian, tidak akan ada kebingungan atau kemungkinan replikasi antar nama pengguna.

Pengguna perlu memeriksa ketersediaan username pilihan mereka dalam proses pembuatannya.

Baca juga: Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Bikin Username

Meski demikian, orang lain yang telah memiliki nomor telepon kita akan tetap dapat menemukan kita di WhatsApp.

Setelah nama pengguna ditetapkan, pengguna bisa mengatur siapa saja yang mengetahui username atau nomor telepon, yang dapat menghubungi di WhatsApp.

WhatsApp masih belum memberikan bocoran kapan fitur ini akan tersedia luas, sebab ini adalah sistem komunikasi yang benar-benar baru, mengintegrasikan sistem berbasis username membutuhkan perubahan signifikan pada infrastruktur.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat