cpu-data.info

Instagram Rilis Fitur "Add Notes", Cara Baru Beri Komentar di Feed dan Reels

Fitur Add Notes di Instagram.
Lihat Foto

- Instagram terus dijejali dengan fitur baru. Salah satunya adalah fitur "Add Notes" yang diumumkan Head of Instagram, Adam Mosseri di akun resmi Instagram dia (@mosseri) baru-baru ini.

"Kamu kini bisa menambahkan Catatan ke posting Feed dan Reels untuk berinteraksi dengan teman-teman lewat konten yang kalian lihat," tulis Mosseri dalam unggahannya, Sabtu (20/7/2024).

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna meninggalkan catatan (Notes), atau bisa disebut juga sebagai komentar, dalam sebuah postingan gambar (Feed) atau video (Reels). Jadi, bisa dibilang fitur ini adalah cara baru untuk mengomentari posting di Feed atau Reels Instagram.

Namun, komentar atau catatan (Notes) ini tidak akan dimuat di dalam kolom komentar seperti biasanya, melainkan akan ditampilkan dalam sebuah kolom teks yang "ditempel" di atas posting Feed atau Reels. 

Notes atau komentar yang dibuat dengan Add Notes nantinya akan muncul tepat di bagian bawah kiri suatu unggahan.

Baca juga: Cara Tambahkan Banyak Foto di Instagram Stories buat Konten

Kolom teks ini juga akan ditampilkan bersamaan dengan avatar pengguna yang dimuat dalam bentuk bubble, sebagaimana tampak pada gambar di bawah ini.

Ilustrasi fitur Add Notes di Instagram./BILL CLINTEN Ilustrasi fitur Add Notes di Instagram.

Nantinya, catatan yang dibuat pengguna akan bisa dilihat oleh pengikut (followers) atau teman dekat (close friend) mereka, dengan catatan mereka mengikuti akun atau melihat posting yang sama.

Nah, untuk membuat catatan yang meniban posting Feed atau Reels, pengguna cukup mengeklik ikon "pesawat" yang berada tepat di bawah posting Feed atau Reels, lalu klik menu "Add Notes".

Setelah itu, mereka bisa menuliskan komentar atau catatan yang ingin ditinggalkan di suatu postingan, serta memilih siapa saja yang bisa melihat Notes tersebut. 

Pengguna yang melihat komentar yang dibuat dengan fitur Add Notes akan bisa mengeklik bubble komentar tersebut. Setelah itu, mereka bisa langsung mengirimkan pesan pribadi (direct message/DM) ke pengguna yang bersangkutan. 

Perlu dicatat, catatan atau komentar yang dibuat menggunakan Add Notes akan hilang atau terhapus secara otomatis dalam waktu tiga hari. 

Baca juga: Cara Kirim GIF Komentar di Instagram dengan Aneka Animasi

Dalam pembuatan Notes, pengguna bisa menambahkan catatan baru sebelum catatan yang lama terhapus. Namun, catatan lama tersebut akan digantikan oleh catatan baru, lantaran hanya satu catatan dari satu pengguna saja yang bisa ditampilkan di sebuah postingan.

Adapun jumlah Notes yang bisa dimuat dalam sebuah unggahan Feed atau Reels tampaknya tidak terbatas. Sehingga suatu posting bisa dipenuhi dengan berbagai Notes yang dibuat oleh banyak pengguna.

Pantauan KompasTekno, Selasa (23/7/2024), fitur Add Notes kini sudah tersedia dan bisa dijajal pengguna di Indonesia.

Mereka yang belum kebagian fitur ini tampaknya harus bersabar sedikit. Sebab, fitur baru Instagram biasanya disebar secara bertahap ke seluruh pengguna dalam beberapa waktu ke depan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat