cpu-data.info

Nvidia Disebut Siapkan Chip AI Baru Khusus China

Chip AI Nvidia Blackwell B200.
Lihat Foto

- Pembatasan ekspor chip AI ke China membuat Nvidia selaku salah satu pabrikannya mesti putar otak untuk menelurkan produk yang memenuhi ketentuan AS tersebut.

Produsen GPU tersebut belakangan dikabarkan sedang menyiapkan varian khusus dari chip AI flagship besutannya, Blackwell B200, yang kinerjanya dipangkas agar tetap bisa diekspor ke China.

Produk yang untuk sementara disebut sebagai "B20" disinyalir akan meluncur tahun depan, sekitar kuartal-II 2025. Spesifikasinya masih misterius, namun B20 diperkirakan bakal menjadi chip AI entry level dengan performa yang berbeda jauh dari B200.

Amerika Serikat pada 2022 lalu mulai menerapkan pembatasan ekspor produk chip AI ke China karena khawatir digunakan untuk keperluan militer. Kriteria pembatasan belakangan makin diperketat.

Baca juga: Manuver Baru AS soal Ekspor Chip, Jegal Kemajuan Militer China

Ekspor produk chip AI dibatasi berdasarkan kinerjanya yang diukur dalam satuan "Total Processing Power" atau TPP yakni kombinasi antara kinerja komputasi keseluruhan (TFLOPS) dan tingkat presisi komputasi dari chip AI yang bersangkutan.

Menurut ketentuan terbaru, batas kinerja untuk chip AI yang boleh diekspor ke China adalah 4.800 TPP. Kinerja produk chip AI Nvidia saat ini, Hopper H100 dan H200, jauh melebihi batasan tersebut dengan kisaran 16.000 TPP.

Bahkan, produk GPU desktop teratas dari Nvidia pun, GeForce RTX 4090, memiliki kinerja AI di atas ketentuan. Pabrikan itu pun terpaksa membuat versi khusus, bernama RTX 4090D, yang kinerjanya memenuhi batasan agar bisa dipasarkan di China.

Calon chip AI flagship Nvidia, Blackwell, diperkirakan bakal memiliki kinerja yang jauh lebih tinggi, mulai 28.000 TPP untuk model B100, sehingga sudah pasti tidak akan bisa diekspor ke Negeri Tirai Bambu.

Baca juga: Nvidia Blackwell B200 Meluncur, Chip AI Diklaim Tercepat di Dunia

Selain tingkat kinerja, AS juga menerapkan pembatasan lain berupa ketentuan "performance density" atau PD yang mengacu pada tingkat kinerja dibagi dengan luas die (inti) chip AI.

Ambang batas atas untuk metrik PD yang khusus berlaku untuk chip AI kelas data center ini adalah 6.0.

Akan halnya B20, chip AI ini diperkirakan bakal menjadi penerus dari produk entry level Nvidia A30 dan H20 sehingga kinerjanya tak akan jauh berbeda, dan tetap berada di bawah ketentuan pembatasan ekspor.

Sebagai gambaran, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tom's Hardware, Selasa (23/7/2024), chip AI Nvidia H20 memiliki tingkat kinerja 2,368 TPP dengan PD 2,90, sementara A30 sedikit lebih tinggi di angka 2.640 TPP dengan PD 3,20.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat