cpu-data.info

Xiaomi Siapkan HyperOS 2.0, Bawa Update Besar-besaran?

Ilustrasi HyperOS yang sudah tersedia untuk Xiaomi 12 Lite
Lihat Foto

- Pada 2023 lalu Xiaomi memperkenalkan antarmuka HyperOS, menggantikan MiUI yang sudah eksis di smartphone buatan Xiaomi selama 13 tahun.

Kini Xiaomi terendus tengah menyiapkan HyperOS 2.0 yang konon akan membawa perubahan besar-besaran.

Kabar ini terungkap dari pembaruan server Xiaomi untuk HyperOS. Pada versi sebelumnya, Xiaomi menggunakan ekstensi (program untuk menambahkan fungsi/fitur ke program yang sudah ada) "Bigversion" untuk HyperOS pertama dan sejumlah pembaruan utama MiUI.

Nah, sekarang terlihat adanya ekstensi baru yakni "OSBigversion", sebagaimana temuan XiaomiTime. Ekstensi inilah yang diyakini merujuk ke HyperOS 2.0, karena belum pernah ada sebelumnya.

Kemiripan ekstensi yang baru dengan versi sebelumnya juga semakin memperkuat bahwa OSBigversion membawa pembaruan besar-besaran untuk HyperOS.

Baca juga: 3 Ponsel Lawas Xiaomi Ini Dapat Update HyperOS

Ekstensi HyperOS 2.0 yang terlihat di pembaruan server HyperOSXiaomiTime Ekstensi HyperOS 2.0 yang terlihat di pembaruan server HyperOS

Ekstensi itu juga bisa menentukan versi HyperOS yang berjalan di perangkat. Misalnya, bila pengguna memakai HyperOS 1.0 atau HyperOS yang ada saat ini, maka ekstensi yang ditampilkan adalah [OSBigversion] => 1.0.

Bila nanti HyperOS 2.0 sudah tersedia dan perangkat pengguna memakai antarmuka itu, maka ekstensinya menjadi [OSBigversion] => 2.0.

Penggunaan ekstensi baru sendiri ditempuh Xiaomi agar HyperOS 2.0 datang dengan mulus ke perangkat pengguna tanpa kendala, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Selasa (9/7/2024).

Saat ini pembaruan HyperOS 2.0 diyakini masih dalam tahap pengujian beta secara tertutup. Artinya, pengujian HyperOS 2.0 beta tahap selanjutnya akan dimulai dalam beberapa waktu ke depan.

HyperOS 2.juga 0 kabarnya bakal membawa sejumlah peningkatan fitur dan dungsi yang sebelumnya diusung HyperOS 1.0.

Pembaruan antarmuka ini juga konon akan menyempurnakan pengalaman pengguna serta intergrasi lebih lanjut dengan ekosistem hardware Xiaomi.

Adapun jadwal perilisan HyperOS 2.0 kemungkinan berlangsung pada Agustus 2024, bersamaan dengan peluncuran sistem operasi Android 15. Antarmuka Xiaomi itu juga boleh jadi rilis pada Oktober 2024, bersamaan dengan peluncuran Xiaomi 15 series, khususnya bila HyperOS 2.0 belum memenuhi target rilis bulan Agustus.

Baca juga: HP Lawas Xiaomi Mi 10 Series Kebagian Update HyperOS

Apa itu HyperOS?

Sebagai informasi, HyperOS pertama kali diperkenalkan Xiaomi pada 26 Oktober 2023, bersamaan dengan rilisnya ponsel flagship Xiaomi 14 series di China dalam dalam acara bertajuk "Leap Beyond the Moment".

Kehadiran HyperOS sekaligus menjadi penanda dipensiunkannya antarmuka MiUI yang selama kurang lebih 13 tahun terakhir menemani aneka produk Xiaomi dan jajaran sub-brand-nya (poco dan Redmi).

HyperOS adalah antarmuka atau UI (User Interface) generasi teranyar besutan Xiaomi. Hyper OS merupakan antarmuka pengganti MiUI yang diterapkan di berbagai perangkat Xiaomi, termasuk smartphone, smart TV, dan tablet.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat