cpu-data.info

YouTube Rilis Fitur AI Penghapus Lagu untuk Bagian yang Kena "Copyright"

Ilustrasi YouTube
Lihat Foto

- YouTube gemar menghadirkan beragam fitur baru untuk mempermudah para kreator kontennya membuat video di platform mereka.

Salah satu yang teranyar adalah Erase Song, sebuah fitur kecerdasan buatan (AI) yang menyambangi platform manajemen video YouTube, yaitu YouTube Studio.

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan para kreator konten menghapus lagu dalam video YouTube mereka yang terkena pelanggaran hak cipta (copyright) atau kepemilikannya diklaim oleh pemilik lagu tersebut.

Artinya, AI YouTube Studio hanya akan menghapus lagunya saja, sedangkan suara lain, seperti efek suara, dialog, dan lain sebagainya akan tetap ada di dalam video.

Baca juga: Ternyata Ini Konten YouTube yang Jadi Favorit Gen Z

Sebelum ada Erase Song, kreator konten tidak bisa menghapus lagu yang terkena copyright.

Supaya video bisa tayang di YouTube, mereka entah harus memotong (trim) bagian video yang menyertai lagu tersebut, mengganti (replace) lagu, atau menghilangkan suara (mute) yang ada di bagian video yang dimaksud. 

Ilustrasi fitur Erase Song di YouTube Studio untuk menghapus lagu yang terkena hak cipta.9to5Google Ilustrasi fitur Erase Song di YouTube Studio untuk menghapus lagu yang terkena hak cipta.


YouTube mengatakan fitur Erase Audio nantinya hanya akan bisa dilihat dan dipakai ketika sistem mendeteksi lagu yang dipakai oleh kreator konten di dalam videonya memiliki hak cipta.

Jika ada, maka kreator konten akan menemukan menu "Erase Song" untuk menghapus lagu tersebut.

Menu ini terletak bersamaan dengan menu "Replace song" untuk mengganti lagu dan "Trim out segment" untuk memotong bagian video yang disertai oleh lagu, sebagaimana bisa dilihat pada gambar di atas.

Baca juga: YouTube Music Bisa Cari Lagu dengan Bersenandung, Begini Caranya

Meski AI bisa menghapus lagu yang terkena copyright, YouTube mengatakan fitur Erase Song mungkin tak berfungsi bagi sejumlah video.

Hal ini berlaku bagi video yang lagunya sulit untuk dipisahkan dari efek-efek suara lain, atau gangguan lainnya yang ada dalam video. 

Selain itu, fitur Erase Song ini juga bisa jadi tak berfungsi optimal apabila sebuah video sudah ditonton hingga 100.000 kali. Adapun waktu pemrosesan fitur Erase Song juga bisa bervariasi, tergantung jenis video dan lagu yang ingin dihapus oleh AI.

Untuk ketersediaan, fitur Erase Song sudah digelontorkan secara bertahap ke semua kreator konten via aplikasi YouTube Studio di versi web dan mobile dalam beberapa minggu ke depan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5Google, Senin (8/7/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat