cpu-data.info

Apple Rilis Aplikasi "Passwords", Masuk ke Akun Online Jadi Lebih Gampang

Aplikasi Passwords, password manager buatan Apple yang meluncur di WWDC 2024.
Lihat Foto

- Pemilik iPhone dan iPad selama ini menggunakan aplikasi pengelola kata sandi (password manager) pihak ketiga untuk mengingat password akun mereka di internet.

Beberapa di antaranya seperti LastPass, Keeper, Bitwarden, 1Password, NordPass, dan lain sebagainya. Namun kini, pengguna bisa memakai aplikasi password manager first party alias buatan Apple sendiri yang memiliki nama Passwords.

Aplikasi ini diumumkan dalam ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2024 yang digelar di markas Apple di Cupertino, California, Amerika Serikat (AS) pada Senin (10/6/2024) waktu setempat.

Sama seperti aplikasi pengelola kata sandi lainnya, Passwords memungkinkan pengguna menerapkan kombinasi kata sandi kompleks di akun-akun mereka di internet.

Nantinya, Passwords bisa membuat kombinasi kata sandi yang sulit ditebak sekaligus mengingat dan mengamankannya dengan sistem enkripsi, sehingga pengguna tak perlu repot-repot mencatat atau mengingat password mereka.

Baca juga: Login Akun Microsoft Kini Bisa Pakai Passkey, Tak Perlu Masukkan Password

Nah, ketika pengguna hendak masuk (login) di suatu akun internet, maka Passwords bisa membantu pengguna untuk memasukkan kata sandi di kolom yang tersedia secara otomatis (autofill).

Selain fitur utama di atas, Passwords juga memiliki fitur ekstra seperti fitur untuk mengimpor kata sandi dari aplikasi password manager pihak ketiga, serta fitur daftar kategori untuk mengatur akun internet berdasarkan jenis aplikasi.

Ada pula fitur autofill yang bisa memanfaatkan kredensial biometrik macam Face ID hingga Touch ID. Sehingga, pengguna hanya perlu memakai fitur biometrik ketika hendak login di akun-akun mereka melalui perangkat Apple. 

Beralih ke aspek keamanan, Passwords mengandalkan iCloud Keychain, sebuah teknologi atau fitur di ekosistem Apple yang bisa mengingat dan melakukan sinkronisasi kata sandi di banyak akun pengguna di internet.

Karena memanfaatkan teknologi ini, maka Passwords bisa menjadi alternatif bagi pengguna iPhone atau iPad yang mau menyimpan kata sandi mereka secara eksklusif dengan aman di ekosistem Apple, tanpa melibatkan aplikasi pihak ketiga.

Baca juga: Pengguna iPhone dan iPad Kini Bisa Login ke X Twitter Tanpa Password

Untuk ketersediaan, Passwords sudah bisa diunduh (download) gratis di iPhone dengan iOS 18, iPad dengan iPadOS 18, serta MacBook dengan MacOS 15.

Apple mengatakan aplikasi password manager buatan mereka ini tersedia dan bisa digunakan pula di kacamata mixed reality (MR) Vision Pro dan PC dengan OS Windows via aplikasi iCloud, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ZDNet, Selasa (11/6/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat